Selasa, 06 Januari 2015

Panglima TNI Naik Seahawk AS

Panglima TNI Akan Terbang Naik Seahawk dari Pangkalan Bun ke KRI Banda Acehhttp://images.detik.com/customthumb/2015/01/06/10/083349_peas01.jpg?w=460Seahawk AS

Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kapolri Jenderal Sutarman akan mengunjungi posko gabungan pencarian AirAsia siang ini di Pangkalan Bun. Panglima dan rombongan selanjutnya akan terbang dengan helikopter ke KRI Banda Aceh.

"Fix Panglima TNI yang akan di Seahawk,"‎ kata Komandan Lanud Iskandar, Pangkalan Bun Letkol (P) Jhonson Simatupang ‎di posko gabungan, Selasa (6/1/2015).

Jhonson mengatakan, Lanud Iskandar juga sudah menyediakan 3 helikopter‎ untuk rombongan selain Panglima TNI ke KRI Banda Aceh. Yaitu helikopter bell dan bolco milik TNI AL, serta dolphin milik Basarnas.

"Prescon di sini, terus terbang ke KRI Banda Aceh. Di sana prescon lagi, setelah itu ke sini," ujarnya.

Dijadwalkan Panglima dan rombongan akan tiba sekitar pukul 12.00 WIB. Di dalam rombongan itu akan turut juga keluarga korban yang sebelumnya sudah dijanjikan Panglima meninjau lokasi pencarian.

"Yang jelas beliau mau lihat proses evakasi yang berjalan, melihat data berapa kapal dan pesawat karena ada 4 posko," kata Jhonson.(iqb/ndr)
Panglima TNI Akan Naik Seahawk AS Mendarat di USS Sampsonhttp://images.detik.com/content/2015/01/06/10/124313_090702_105900_sampsons.jpgUSS Sampson

Panglima TNI Jenderal Moeldoko direncanakan bakal menyambangi kapal USS Sampson milik Amerika Serikat (AS) yang melakukan misi pencarian pesawat AirAsia di perairan Laut Jawa. Rencananya, Moeldoko bakal diangkut helikopter Seahawk milik AS.

Informasi ini didapat dari Posko Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501 di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Selasa (6/12/2014).

"Direncanakan Panglima TNI akan naik helikopter Seahawk bersama Duta Besar AS untuk Indonesia bersama pejabat lain, mendarat di USS Sampson," kata Kadis Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Kolonel M Iman Handoyo.

Sebelumnya, Moeldoko telah berangkat dari Bandara Juanda Surabaya Jawa Timur menggunakan Boeing 737 VVIP milik TNI AU menuju Lanud Iskandar, Pangkalan Bun.

Sesampainya di Pangkalan Bun, Moeldoko akan naik helikopter Seahawk menuju USS Sampson.(dnu/aan)
Dua Seahawk Tiba di Pangkalan Bun, Siap Antar Panglima TNI ke KRI Banda Acehhttp://images.detik.com/content/2015/01/06/10/125943_hawkc.jpgDua helikopter Seahawk milik US Navy mendarat siang ini di Landasan Udara Iskandar, Pangkalan Bun. Helikopter yang biasanya hanya datang untuk menurunkan jenazah atau puing AirAsia, kini siap mengantar Panglima TNI Jenderal Moeldoko meninjau evakuasi AirAsia QZ8501.

Kedua helikopter itu tiba beriringan sekitar pukul 12.20 WIB‎ di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, Selasa (6/1/2014). Helikopter bernomor 37 dan 33 itu terbang dari kapal laut USS Sampson yang kini berada di area IV pencarian AirAsia.

‎Tampak 4 orang prajurit angkatan laut Amerika itu turun dari kedua helikopter yang masing-masing bernomor 37 dan 33. Mereka tampak berkoordinasi dengan Danlanud Iskandar Letkol (P) Jhonson H Simatupang dan seorang ‎petinggi US Navy.

Tak lama, seahwak bernomor 33 menggeser posisinya yang semula sebaris menyamping di satu landasan aspal, ke belakang di atas rerumputan. Mesin pesawat tampak tetap menderung disaksikan tim gabungan dari posko di Lanud Iskandar.

Komandan Lanud Iskandar, Pangkalan Bun Letkol (P) Jhonson Simatupang ‎mengatakan salah satu helikopter itu akan membawa Panglima TNI yang akan datang hari ini ke Lanud Iskandar. Dari lanud menuju KRI Banda Aceh untuk meninjau proses evakuasi.(bal/aan)
Disambut Hujan, Panglima TNI Tiba di Pangkalan Bun Langsung Naik Seahawkhttp://images.detik.com/content/2015/01/06/10/133522_tni4.jpgPanglima TNI Jenderal Moeldoko tiba di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Kedatangan Moeldoko adalah untuk meninjau lokasi pencarian AirAsia QZ8501 yang hilang di perairan Selat Karimata.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (5/1/2015) rombongan Moeldoko tiba pukul 13.00 WIB dengan pesawat Boeing 737 VVIP milik TNI AU disambut hujan deras. Dia didampingi oleh KSAU Marsdya Agus Supriyatna.

Setibanya di Pangkalan Bun, Moeldoko disambut oleh Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar dan Komandan Teknis US Navy Greg Adams. Dua buah helikopter Seahawk milik Amerika Serikat juga telah menanti untuk mengantarkan rombongan Panglima TNI ke USS Sampson.

Hingga hari kesepuluh ini belum ada temuan resmi terkait kotak hitam dan badan pesawat. Sebanyak 37 jenazah korban yang telah dievakuasi sudah diterbangkan ke Surabaya untuk proses identifikasi lebih lanjut.

Moeldoko terbang ke Pangkalan Bun dari Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur. Kadis Ops Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Imam Handoyo menyatakan bahwa Panglima akan diantarkan ke Kapal USS Sampson.

"Direncanakan Panglima TNI akan naik helikopter Seahawk bersama Duta Besar AS untuk Indonesia bersama pejabat lain, mendarat di USS Sampson," kata Imam.

  ⚓️ detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...