Jumat, 07 Juli 2017

Jokowi dan Erdogan Bahas Isu Qatar dan Terorisme Global

Kunjungan resmi Jokowi di Ankara

Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip ErdoÄŸan turut membahas seputar permasalahan global, salah satunya terkait diplomasi yang kini tengah dihadapi Qatar, dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Turki.

Jokowi mengatakan, Indonesia dan Turki hendak ambil bagian dalam penyelesaian permasalahan global tersebut. "Kami harapkan ini bisa diselesaikan lewat komunikasi dan dialog-dialog yang baik antar negara-negara yang memiliki masalah," kata Jokowi dalam siaran tertulisnya, Kamis, 6 Juli 2017.

Adapun dalam hal penanganan terorisme global, Indonesia dan Turki memiliki pandangan yang sama. Sehingga, kedua negara sepakat berbagi informasi intelijen yang diikuti pembangunan sistem teknologi informasi intelijen. "Memudahkan kita bekerja sama dalam rangka memberantas terorisme," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah Turki yang telah memberikan dukungan atas pencalonan Indonesia pada Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020. Selain Turki, sejumlah negara juga telah menyatakan dukungan bagi pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB.

Jokowi sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki sebagai balasan atas kunjungan Presiden Erdogan ke Jakarta pada 2015. Dalam pertemuan itu, keduanya menandatangani nota kesepahaman kerja sama di bidang kesehatan dan peluncuran negosiasi Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement.

   Tempo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...