Senin, 13 Agustus 2018

✈ LAPAN Pamerkan Pesawat Tanpa Awak Generasi Baru

Dengan Daya Jelajah 350 KmPesawat tanpa awak LSU-02 NGLD yang dipamerkan LAPAN pada peringatan Hakteknas di Provinsi Riau, Jumat (10/8/2018). (Kompas.com/Idon Tanjung)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memamerkan satu pesawat tanpa awak di Ritech Expo pada peringatan hari kebangkitan teknologi nasional (Hakteknas) ke-23 di Pekanbaru, Riau, Jumat (10/8/2018).

"Ya, Lapan juga sudah mempunyai pesawat tanpa awak LSU-02 yang dicatatkan di rekor Muri dengan jarak terjauh 200 kilometer," jelas Kasubag Humas Lapan, Jasyanto saat ditemui Kompas.com di lokasi pameran, Jumat.

Untuk pesawat tanpa awak yang baru dibuat ini, lanjut dia, merupakan pengembangan generasi baru dengan jarak terbang lebih jauh.

"Yang baru ini LSU-02 NGLD. Jarak terbangnya mencapai 350 kilometer atau dengan jarak tempuh 5 jam. Bahan bakarnya pertamax," kata Jasyanto.

Dia menambahkan, pesawat tanpa awak ini rencananya diuji coba diterbangkan pada Oktober 2018 mendatang.

"Nanti akan dirilis oleh rekan-rekan di pusat teknologi penerbangan," tutup Jasyanto.

Peringatan Hakteknas ke-23 tahun 2018 diadakan di Provinsi Riau yang terpusat di Kota Pekanbaru.

Puncak peringatan Hakteknas ini dihadiri Presiden Ke-3 RI BJ Habibie yang sekaligus membuka kegiatan tersebut dengan pemukulan kompang, Jumat.

Hakteknas tahun ini mengangkat tema "Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi'. Sedangkan subtemanya adalah "Sektor pangan dan energi di era revolusi industri 4.0".

Beragam teknologi canggih ditunjukkan pada Hakteknas kali ini. Ada teknologi pengolahan pangan, mesin pengolahan obat-obatan, pengolahan pupuk, pesawat tanpa awak, robot, Arc Plasma Sintering atau alat sintesa material eksperimental dan inovasi lainnya.
 

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...