Senin, 17 Desember 2018

Kisah Usman

TKI yang Berhasil Kabur dari Penyanderaan Abu SayyafUsman Yunus, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang menjadi korban penyanderaan kelompok bersenjata pimpinan Abu Sayyaf (Abdy Febriady-detikcom). 

Keluarga menyambut haru kedatangan Usman Yunus, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang menjadi korban penyanderaan kelompok bersenjata pimpinan Abu Sayyaf. Usman pun sempat menceritakan saat dirinya disandera dan berhasil kabur.

Usman tiba di kampung halamannya di Dusun Bruno, Desa Kebunsari, Kec.Wonomulyo, Kab.Polman, pada Sabtu (15/12/18). Dia didampingi sang istri Julianti dan perwakilan Kementrian Luar Negeri Todi Baskoro.

Usman pun bercerita kepada keluarganya. Dia berhasil meloloskan diri setelah luput dari penjagaan penyandera saat hendak megambil air wudhu untuk salat.

"Pada waktu itu jam 6 maghrib, semua yang di dalam kelompok masing-masing ambil air wudhu untuk salat, Alhamdulillah pada waktu itu tak satupun yang jaga saya, di situ saya mulai ada niat untuk melarikan diri," kata Usman Yunus dengan terbata.

Usman melanjutkan, saat berhasil melarikan diri dari penjagaan dia sempat bermalam di hutan belantara. Keesokan harinya harapan lolos dari kelompok Abu Sayyaf pun kian jelas, saat itu dia bertemu dengan warga yang sedikit mengeri bahasanya.

"Saya sempat putus asa, kebetulan ada warga yang melintas dan saya sampaikan bahwa saya ini adalah orang Indonesia yang melarikan diri dari penyanderaan, saya langsung memeluk dan mencium kaki orang tersebut untuk minta diselamatkan," ujar Usman.

Atas peristiwa yang dialaminya, Usman mengaku tidak kapok untuk kembali melaut. Namun dia mengaku trauma untuk kembali melaut di wilayah perairan Malaysia.

Usman bersama rekannya Samsul Saguni merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Perusahaan penangkapan ikan di Malaysia, dan ditangkap kelompok bersenjata Abu Sayyaf sejak 11 September 2018.

Dia dan rekannya ditangkap saat berlayar menggunakan kapal Dwi Jaya 1, di Perairan Sampoerna, Sabah, Malaysia. Kini tersisa Samsul Saguni yang masih dalam sekapan kelompok bersenjata Abu Sayyaf.

Pihak keluarga berharap, Pemerintah terus berupaya dengan maksimal agar Samsul Saguni juga bisa segera dibebaskan dan berkumpul bersama keluarganya. (nvl/nvl)
 

  detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...