Jumat, 18 Oktober 2019

3 Kapal Baru Perkuat Bakamla

Dengan Nama Pulau TerdepanBadan Keamanan Laut (Bakamla) RI yang kini terkenal dengan sebutan Indonesian Coast Guard (IDNCG) kembali mendapatkan 3 unit Kapal Negara (KN) baru karya anak bangsa.

Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang kini terkenal dengan sebutan Indonesian Coast Guard (IDNCG) kembali mendapatkan 3 unit kapal negara (KN) baru karya anak bangsa.

Tiga kapal ini untuk memperkuat Bakamla dalam melalukan pengamanan teritorial perbatasan kelauatan Indonesia dari ancaman pihak asing.

Kabakamla Laksdya Bakamla A Taufiq R mengatakan, 3 kapal tersebut ialah KN Pulau Nipah-321 yang akan ditugaskan mengabdi di wilayah zona barat (Batam).

Pemberian nama kapal ini diangkat dari nama sebuah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia-Singapura, termasuk wilayah pemerintah Batam, Kepulauan Riau.

Pulau ini berada di sebelah barat laut Pelabuhan Sekupang di Pulau Batam, yang dapat dilihat dalam jalur perjalanan feri dari Pelabuhan Sekupang menuju Nipah, yakni di koordinat 1°9’13” LU, 103°39’11” BT. Sejak Indonesia dipimpin Presiden Megawati, pulau ini mulai direklamasi karena hampir tenggelam.

"Saat ini, kawasan tersebut ditempati prajurit TNI di bawah Komando Lanal Batam," kata Taufiq saat ditemui di Galangan PT Citra Shipyard, Jumat (18/10/2019).

Kedua, KN Pulau Marore-322 ditugaskan memperkuat jajaran zona tengah di Manado, di mana nama kapal tersebut diambil dari Pulau Marore yang merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di laut Sulawesi dan berbatasan dengan Filipina.

Pulau Marore ini merupakan bagian dari wilayah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Sangihe dengan koordinat 4°44’14” LU, 125°28’42” BT.

Terakhir KN Pulau Dana-323 yang ditugaskan untuk memperkuat jajaran zona timur, berkedudukan di Ambon.

Pulau Dana, Pamana, atau Dana, Dona dan Ndana adalah sebuah pulau terluar Indonesia yang terletak di sebelah barat daya Pulau Rote dan berbatasan dengan Australia.
 

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...