Senin, 23 Maret 2020

[Video] Rumah Sakit Pulau Galang

Dipublikasikan KompasTVMenteri PUPR, Basuki Hadimulyono memastikan pengerjaan rumah sakit khusus corona di Pulau Galang hampir rampung dan siap digunakan.

Basuki yakin pada 28 Maret mendatang sudah tersedia ruang untuk observasi dan isolasi pasien positif corona.

Menurut rencana, presiden Joko Widodo langsung yang akan memantau perkembangan pembangunan RS khusus penanganan corona di Pulau Galang, Kepulauan riau.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia akan segera menyiapkan rumah sakit khusus penanganan Covid-19 atau virus corona, menyusul sudah adanya warga Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Lokasi rumah sakit khusus untuk pasien corona ini akan dibangun di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Namun pemerintah tidak membangun dari awal seperti yang dilakukan di China, melainkan akan merenovasi rumah sakit lama yang dulunya digunakan sebagai camp pengungsian warga negara Vietnam.

Bangunan bekas pengungsian Vietnam adalah bekas penampungan pencari suaka asal Vietnam yang kini difungsikan sebagai tempat wisata sejarah. Lokasinya berjarak sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Batam.

Menindaklanjuti rencana ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hari ini, Rabu (4,3,2020) meninjau lokasi tersebut. Menurut Panglima, Rumah sakit ini ditargetkan bisa menampung kurang lebih 1.000 pasien.

"Rencananya kita akan membangun atau merenovasi dengan kapasitas 1.000 pasien. Selain itu kita akan siapkan ruang isolasi sesuai aturan kesehatan 2 persen dari jumlah kamar itu," kata Hadi kepada wartawan.
 


  Youtube  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...