Kamis, 30 September 2021

[Global] Malaysia Pilih Transporter Oshkosh HEMTT

Truck Oshkosh HEMTT AS [@ Georgia National Guard – Staff Sgt. R.J. Lannom] ★

N
egeri tetangga Malaysia dikabarkan telah memesan dan mendapat izin dari Kemhan Amerika Serikat untuk kendaraan pengangkut berat Oshkosh HEMTT pada tanggal 22/09/21.

Dana senilai $ 16.708.584 untuk pengadaan: M1120A4 Heavy Expanded Mobility Tactical Trucks (HEMTT), HEMTT M977A4, HEMTT M978A4, dan Pengangkut Alat Berat M1070A1. Selain Malaysia juga terungkap Irak dan Lebanon sebagai penggunanya kedepan.

Perusahaan Oshkosh Defence memperkirakan produksi truk pengangkut berat tersebut akan selesai 31 Januari 2022.

  Truk HEMTT 
Truk Taktis Mobilitas Berat HEMTT (@U.S. DoD – Sgt. Karl Williams)

Truk Taktis Mobilitas Berat (HEMTT) adalah truk taktis berpenggerak delapan roda, bertenaga diesel, 10-ton.

Truck HEMTT mempunyai kapasitas muatan yang besar dan kemampuan off-road menjadikannya kendaraan logistik utama bagi beberapa negara pengguna..

Oshkosh memiliki total 11 varian HEMTT dalam enam konfigurasi. diantaranya memiliki lima truk kargo, varian truk servis bahan bakar, dua varian traktor, varian sistem penanganan beban, varian pengangkut jembatan umum dan kendaraan pemulihan dengan derek.

M977 HEMTT pertama kali memasuki layanan Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1982 sebagai pengganti M520 Goer.

Sampai tahun ini, sekitar 35.800 HEMTT telah diproduksi dalam berbagai konfigurasi oleh Oshkosh Defense.

  Scania Dan Tatra 
Scania R620 6×4 [Romansa supir  truck]

Dengan adopsi puluhan MBT Leopard 2A4, tank IFV Marder 1A3 dan M113A1, TNI AD turut membawa perubahan pada list tank transporter TNI AD.

Menyesuaikan dengan bobot MBT yang mencapai 60 ton lebih, jelas spesifikasi tank transporter TNI AD harus disesuaikan, tak bisa lagi mengandalkan tank transporter sekelas Bedford MT yang memang ideal untuk mengangkut tank ringan Scorpion/Stormer dan keluarga AMX-13.

Mengutip indomiliter, Dan kemudian munculan nama Iveco Astra HD 6×6 yang kondang dikenal sebagai tank transporter atau oplenger untuk MBT Leopard. Lepas dari nama Iveco, pabrikan otomotif asal Swedia juga tak ketinggalan, Scania diketahui telah bergabung memperkuat lini tank transporter TNI AD.

Truk transporter dari Scania, diketahui Scania P360 6×6, digunakan Yonif Mekanis 411/Pandawa Kostrad di Salatiga, Jawa Tengah. Dan pada pameran Alutsista 2018 di Lapangan Monas, nampak terparkir Scania R620 yang digunakan oleh YonKav 1 Kostrad Badak Ceta Cakti.

Kedua Tank transporter yang menggotong MBT ini terlihat begitu mirip, termasuk keduanya mengadopsi crew cab. Namun bila dicermati, ada sedikit perbedaan pada tampilan muka, dimana pada Scania R620 tidak terdapat cover saluran udara pada sisi kiri dan kanan.

Scania R620 6×4 menggunakan mesin diesel Scania DC16 V8. Fitur pada mesin mencakup electronic fuel injection dan single stage turbocharger. Transmisi Scania R620 mengusung opticruise 12 speed dan two crawler gears.

Bobot total truk mencapai 26,5 ton. Sementara bobot total termasuk beban yang dapat ditarik dari trailer mencapai 75 ton, dan mampu menarik trailer seberat 92 ton. Dan bisa dipacu hingga kecepatan 150 km per jam.

Tatra T815-7 MOR89 [indomiliter]

Beda dengan TNI AD, Marinir diketahui selama ini telah mengakuisisi Truck transpoerter Tatra T815-7 MOR89, buatan Ceko ini namanya begitu kondang setelah merajai segmen truk di reli paling bergengsi di dunia pada periode 1986 – 2006. Versi lain yang berpenggerak 6×6, 8×8, 10×8, 12×12 dan 12×8 laris manis dipasaran memenuhi kebutuhan sipil dan militer.

Truk Tatra T815 sudah beberapa tahun beroperasi di Indonesia yang digunakan oleh Korps Marinir TNI AL, yakni Tatra T815-7 MOR89. Truk jawara off road 8×8 bila dilihat dari desainnya terkesan futuristik.

Tatra T815-7 MOR89 merupakan truk militer berstandar NATO yang dirancang untuk beroperasi di medan berat dengan lingkungan yang ekstrim. Bobot maksimum yang bisa dibawa truk total 24,3 ton. Punya kemampuan taktis dalam menggotong artileri dan tank. Untuk dukungan logistik, bahkan truk ini bisa membawa kontainer dan struktur berat lainnya.

Tatra T815-7 menggunakan all-wheel drive dan menggunakan dapur pacu mesin diesel turbocharged Cummins ISMe 420 30 turbocharged.

Truk ini juga dilengkapi dengan central tire inflation system (CTIS), yang memberikan kendali atas tekanan udara di setiap ban untuk meningkatkan kinerja pada permukaan yang berbeda.

Untuk memudahkan mobilitas, truk ini dapat diangkut oleh pesawat angkut C-130 Hercules.

 
Garuda MIliter  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...