Senin, 04 Maret 2024

TNI AL dan TNI AU Tingkatkan Latihan Interoperability Antar Matra

⚓️ Di Perairan ALKI I (Koarmada I)

Dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme serta interoperabality antar matra, 3 unsur gelar Koarmada I dan 3 Pesud Hawk 109/209 TNI AU melaksanakan latihan kerja sama taktis di perairan Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I).

KRI Wiratno-379 (KRI WIR-379), KRI Surik-645 (KRI SUR-645), dan KRI John Lie-358 (KRI JOL-358) bertindak sebagai Air Control Unit (ACU) dalam pengendalian unsur-unsur pesawat udara TNI AU yang dikerahkan sebagai unsur pemukul dalam mendukung tugas pokok unsur kapal permukaan.

Beberapa serial latihan yang dilaksanakan yaitu, Air Joining Procedure (AJP) dilaksanakan oleh KRI John Lie-358 sebagai awal dalam menerima tugas dan tanggung jawab sebagai ACU dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin (Lanud RSN) Pekanbaru.

Pesud Hawk 109/209 TNI AU melaksanakan prosedur identifikasi yang dideteksi oleh KRI JOL-358 dengan menggunakan radar udara AWS-9 dan untuk selanjutnya bergabung dengan konvoi KRI.

KRI John Lie-358 melaksanakan Air Joining Procedure (AJP) diawali dengan menerima tugas dan tanggung jawab sebagai ACU dari Lanud RSN Pekanbaru. Selanjutnya pesud Hawk melaksanakan prosedur identifikasi yang dideteksi oleh radar udara AWS-9 milik kapal MRLF ini sebelum akhirnya bergabung dengan konvoi KRI.

Pada serial Air Defense Exercise (ADEX), KRI Wiratno-379 sebagai pengendali latihan peperangan anti udara, mengisyaratkan kepada seluruh unsur KRI untuk melaksanakan aksi self defense menggunakan senjata anti-udara yang dimiliki, di mana Pesud Hawk 109/209 TNI AU disimulasikan sebagai kontak udara musuh.

Kegiatan latihan ini juga sebagai bentuk kehadiran nyata TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia baik di laut maupun udara.

  ⚓️
Koarmada I 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...