Sabtu, 18 Februari 2012

MiG 15 AURI


 
khir Tahun 1960 an Indonesia membeli pesawat MiG 15 UTI dari Chekoslovakia sebanyak 30 unit, pesawat dengan 2 tempat duduk ini banyak dipakai sebagai pesawat jet latih lanjut AURI. Jika MiG 15 Faggot bertempat duduk tunggal maka MiG 15 UTI bertempat duduk tandem untuk instruktur dan kadet penerbang.

Dengan dibekali oleh mesin Turbojet Klimov RD 45 FA, MiG 15 UTI mampu mencapai kecepatan maksimum 670 mil/jam dengan ketinggian 15.550 m. Untuk menghadapi musuh, MiG 15 UTI dipersenjatai dengan 2 buah kanon 23 mm yang terletak di bawah hidung.

Diberitakan pesawat MiG 15 UTI AURI ini tiba di Lanud Kemayoran sejak 14 Agustus 1958. Pesawat ini memperkuat Skadron 11 Kemayoran bersama MiG 17.

Berikut Foto MiG15 UTI AURI :

MiG-15UTI adalah jet versi latih yang mulai diterima AURI sejak akhir 1960-an. Di lingkungan AU Soviet kala itu, jet ini baru diproduksi setelah pengembangan MiG-15 bis disetujui pada 1949. Pesawat ini dilengkapi kursi lontar dan sangat bersahabat untuk fungsi latih karena kanopinya yang luas.

Monumen MiG 15 UTI di Nganjuk (Foto Didik SS)






Spesifikasi MiG -15

Bentang sayap : 33 ft 3 in.

Panjang : 33 ft 4 in.

Tinggi :10 ft 10 in.

Berat Kosong : 8.115 pon.

MTOW :12.288 pon.

Mesin : 1 VK-1A turbojet.

Kec maks : 650 mph.

Ketinggian terbang maks: 49.729 ft,mesin : Turbojet Klimov RD 45 FA

Jarak jelajah : 1.228 mil.

Senjata : Dua kanon NR-23 kaliber 23 mm



Sumber :

  • modelkitplastik
  • indoflyer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...