Kamis, 27 Juni 2013

Atasi Kebakaran, 8 Pesawat TNI AU Angkut Pasukan ke Riau

SEBANYAK delapan pesawat TNI AU, Rabu (26/6) diterbangkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Propinsi Riau. Pesawat tersebut mengangkut pasukan Marinir dan Kostrad untuk melaksanakan tugas mengatasi bencana kebakaran di Propinsi Riau.

Kepala Penerangan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Mayor Sus Gerardus Maliti, menjelaskan, delapan pesawat TNI AU itu meliputi 6 pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara (Skadud) 31 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma dan Skadron Udara (Skadud) 32 Wing 2 Lanud Abdulrahman Saleh Malang serta pesawat CN 295 untuk mengangkut logistik dan pesawat CN 235 dari Skadron Udara (Skadud) 2 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma untuk mengangkut peralatan umum.

Menurut Gerardus Maliti, TNI mengirimkan 692 personel untuk bergabung dengan personel yang telah berangkat sebelumnya guna mengatasi kabut asap akibat bencana kebakaran yang terjadi di Propinsi Riau. Kabut asap tersebut sangat meresahkan dan membahayakan masyarakat. Bahkan kabut asap tersebut hingga mengganngu negara tetangga.

“Kebakaran tentunya akan merusak ekosistem. Dengan kedatangan personel TNI mudah-mudahan dapat mempercepat padamnya kebakaran,” katanya dalam siaran persnya diterima Jurnal Nasional, Kamis (27/6).

Menurut Gerardus, tiga pesawat Hercules dari Skadron Udara 32 Abdulrachman Saleh yaitu A-1305 diterbangkan oleh Mayor Pnb Suparjo dan Lettu Pnb Hanggo dengan membawa 80 pasukan Kostrad; A-1308 diterbangkan oleh Kapten Pnb Pandi P dan Kapten Pnb Sandy membawa 98 pasukan Kostrad serta A-1310 yang terbangkan Letkol Pnb Kusmayadi dan Lettu Pnb Vinsent 80 pasukan kostrad.

Sementara tiga pesawat dari Skadud 31 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta yaitu A-1317 diterbangkan Mayor Pnb Beny dan Kapten PNB Chandra dengan membawa 124 pasukan Marinir; A-1326 yang diterbangkan Mayor Pnb Marvein dan Kapten Pnb Rezha mengangkut 124 personel Marinir dan A-1327 dipiloti Mayor Pnb Putu, Kapten Pnb Ave dan Lettu Aleg membawa 124 Marinir.

Sedangkan 276 personel Polri dari Resimen III Satuan Pelopor Kelapa Dua diberangkatkan dengan menggunakan tiga Hercules.

  Jurnas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...