Jumat, 17 Januari 2014

KASAL Terima Kunjungan Kehormatan KASAL Inggris

Jakarta Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio menerima kunjungan First Sea Lord and Chief of Naval Staff Royal British Navy (Kasal Inggris) Admiral Sir George Zambellas KCB DSC, di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/1).

Saat tiba di Mabesal, Kasal Inggris Admiral Sir George Zambellas disambut secara resmi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio, dalam suatu upacara jajar kehormatan milliter yang dilaksanakan di pelataran Gedung Utama Mabesal.

Kunjungan Kasal Inggris terhadap Kasal merupakan kunjungan silaturahmi sekaligus terkait dengan rencana kedatangan Kapal Perang modern Angkatan Laut Inggris HMS Daring di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Jumat (17/1), dalam rangka memperkuat hubungan antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Inggris. Pada kesempatan tersebut Admiral Sir George Zambellas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan hangat di Mabesal.

Dalam lawatannya ke Mabesal, Kasal Inggris juga membicarakan tentang pentingnya pembangunan kerja sama di bidang pertahanan, yang diwujudkan dalam program kunjungan kapal perang Inggris HMS Daring (D 32) pada 17 s.d 20 Januari 2014. Kunjungan kapal tersebut juga merupakan kesempatan yang baik bagi personel kedua Angkatan Laut untuk saling berbagi pengalaman dalam hal penanggulangan bencana alam, mengingat keterlibatan HMS Daring (D 32) baru-baru ini pada penanggulangan bencana alam topan Haiyan yang terjadi di Filipina.

Selain untuk memperkuat hubungan antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Inggris, kunjungan kapal perang HMS Daring (D 32) di Jakarta, juga dimaksudkan sebagai tempat persinggahan terakhir dari penyeberangan panjang sembilan bulan, yang sebelumnya menyinggahi Australia, New Zealand, Jepang, Korea Selatan, China dan Singapura. HMS Daring (D 32) sendiri merupakan kapal perang bertipe Guided Missile Destroyer, yang bermarkas di Portsmouth Inggris dan di komandani oleh Commander Angus Essenhigh.

Berbagai kegiatan nantinya akan digelar dengan datangnya Kapal Perang HMS Daring (d 32) di Jakarta, diantaranya adalah kegiatan mengunjungi kapal untuk anak-anak Pramuka, pameran industri pertahanan Inggris, pertandingan sepak bola di lapangan komplek TNI Angkatan Laut, Kodamar, Sunter, kunjungan ke SMK Hang Tuah, lomba memasak, dan lomba lari pagi di bundaran Hotel Indonesia yang melibatkan ABK HMS Daring (D 32) dan prajurit TNI Angkatan Laut.

Turut hadir mendampingi Kasal dalam kunjungan tersebut, Aspam Kasal Laksamana Muda TNI Ir. I Putu Yuli Adnyana, M.Hum., Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Asisten Personil Kasal Laksamana Muda TNI Ir. Sudirman, S.E., M.A.P., Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Arie H. Sembiring, Kadisdikal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Supartono, M.M., serta pejabat terkait lainnya.

  TNI AL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...