Jumat, 08 Agustus 2014

[World Article] AS Dukung Israel Serang Palestina

Bocoran Snowden Edward SnowdenBOCORAN dokumen terbaru dari Edward Snowden, mengungkapkan, mata-mata Amerika menyediakan bantuan keuangan, senjata dan sinyal intelijen untuk Israel dalam rangkaian penyerangan ke Palestina di Gaza.

Laporkan pembelot NSA yang dikabarkan bersembunyi di Rusia itu menyatakan, bahwa Kanada, Inggris dan Yordania juga berbagi sinyal intelijen dengan Israel.

Informasi rahasia itu terkait dengan target Palestina, termasuk di Gaza, menurut dokumen diserahkan orang kepercayaan Snowden, Glenn Greenwald.

Menurut Greenwald, satu dokumen tertanggal April 2013 berbunyi: “NSA memelihara hubungan teknis dan analitik yang jauh dengan Israel Signt Nasional Unit (ISNU) dan berbagi informasi tentang akses, intercept (penyusupan), penargetan, bahasa, analisis dan pelaporan.”

Dokumen rahasia lain yang muncul detail dan diungkap oleh “whistleblower” NSA itu adalah upaya hubungan kerja sama pengawasan pembagian 2009, kode bernama “YESTERNIGHT” oleh NSA (Badan Keamanan AS), GCHQ (Intelegent Inggris /­ Government Communications Headquarters), dan ISNU.

Waktu pengaturan berbagi bertepatan dengan serangan Israel 2009 tentang Gaza yang menandai konflik yang signifikan terakhir di daerah itu.

“Dokumen Snowden yang baru mengungkapkan fakta penting: agresi Israel tidak mungkin konstan tanpa dukungan dan perlindungan pemerintah AS, yang seolah netral tapi sebenarnya mendukung serangan itu,” katanya.

Greenwald menulis, “hubungan antara NSA dan mitra-mitranya di satu sisi, dan agen mata-mata Israel di sisi lain di pusat itu memungkinkan.”

Dokumen-dokumen juga muncul untuk mengungkapkan satu atau lebih pembayaran info rahasia sebesar $ 500.000 secara tunai oleh Departemen Pertahanan, yang ditandatangani oleh koperasi Israel, serta jalur terkait “antara NSA dan ISNU yang mendukung pertukaran bahan baku, serta sebagai analisis harian dan teknis korespondensi“.

Mengembangkan kolaborasi antara NSA, Isnu, GCHQ, CSEC( Badan Intelejen Kanada), Pasukan Keamanan Yordania dan Otoritas Palestina juga rinci bocoran terbaru Snowden. – TR/dms

  ★ Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...