Jumat, 23 Januari 2015

[World] Mantan FBI Mengaku Ditahan CIA Mencegah Teror 9/11

Seorang agen khusus FBI yang kehilangan pekerjaannya pada tahun 2008 kepada kolumnis Newsweek Jeff Stein menuturkan ceritanya tentang teror 9/11 dimana pembajak menyelinap melalui celah-celah di FBI dan CIA lebih dari satu dekade lalu.

Mark Rossini, nama mantan agen tersebut, mengatakan CIA mencegah dia pergi ke markas FBI untuk memberikan informasi dua teroris yang telah masuk daftar, yang kemudian melakukan serangan 9/11 di World Trade Center, telah memasuki AS.

Laporan pemerintah pada 9/11 secara samar-samar menyebut kegagalan intelijen untuk serangan teroris yang menewaskan sekitar 3.000 orang pada tahun 2001. Dan keterangan Rossni memberikan sedikit kejelasan tentang mengapa CIA tidak mengkomunikasikan informasi penting tentang para pembajak ke FBI. Informasi ini, secara teori, bisa membantu AS untuk mencegah serangan.
Mantan agen khusus FBI Mark Rossini

Rossini mengatakan bahwa setelah 9/11, ketika peneliti kongres mulai bertanya kepadanya tentang pekerjaannya dengan Unit Osama bin Laden CIA, ia dan agen FBI lain tinggal tenang di arah petugas CIA.

“Itu hanya dipahami di kantor bahwa mereka tidak dapat dipercaya, bahwa [para peneliti kongres] mencoba untuk menyalahkan ini pada seseorang, bahwa mereka berusaha untuk menempatkan seseorang di penjara,” kata Rossini kepada Newsweek. “Mereka mengatakan [penyidik] tidak berwenang untuk mengetahui apa operasional yang sedang terjadi. Ketika kami diwawancarai, CIA memiliki seseorang di dalam ruangan, untuk mengawasi kami.”

Dia akhirnya mengatakan kepada FBI tahun 2004 tentang apa yang terjadi. Dia mengatakan dia menyesal mematuhi perintah CIA dan tidak ke markas FBI dengan informasi bahwa Khalid al-Mihdhar, akan pergi untuk membajak salah satu pesawat yang digunakan dalam serangan 9/11, berada di negara itu.

Sebelumnya CIA telah melacak al-Mihdhar untuk beberapa waktu. Dan lain teroris yang dikenal dan pembajak masa depan, Nawaf al-Hazmi, pada musim panas 2001.

Rossini menunjukkan bahwa al-Mihdhar adalah “teroris diketahui bahwa [CIA] berikut di seluruh dunia. Dia subyek dari beberapa kabel, ia datang ke Amerika … dan mereka memungkinkan dia untuk meninggalkan Amerika dan kembali ke Yaman untuk kelahiran bayinya. Dan dia kembali.”

Kalau rencana CIA merekrut al-Mihdhar dan al-Hazmi – seperti yang pernah disarankan penasihat kontraterorisme Gedung Putih Richard A. Clarke – itu jelas tidak bekerja. Beberapa bulan setelah CIA kehilangan jejak dua teroris sebelum serangan 9/11 dilakukan.

AS masih tidak memiliki penjelasan resmi mengapa petugas CIA melarang Rossini dari mengatakan FBI markas tentang al-Mihdhar dan al-Hazmi. Beberapa pejabat tinggi pemerintah sejak lama memiliki keraguan tentang peristiwa menjelang 9/11 versi CIA.[Business Insider]

  ☠ Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...