Sabtu, 28 Mei 2016

[Dunia] Pengurangan Anggaran Hambat Program AU India

http://angkasa.co.id/wp-content/uploads/2016/05/ssbcrack-com.jpg(ssbcrack.com)

Pukulan telak sedang dirasakan oleh Angkatan Udara (AU) India. Baru saja ingin mensahkan 11 program kunci kemajuan AU India, pemerintah India malah dikabarkan memangkas anggaran militer India. Program-program tersebut juga bakal makin tersendat akibat mata uang Rupee yang makin melemah terhadap Dolar AS.

Menurut data, pemerintah memangkas hingga 1,16 miliar Dolar AS yang sejatinya akan digunakan untuk pengadaan alutsista dan senjata baru. Pengurangan ini otomatis berpotensi membatalkan rencana India membeli 56 pesawat angkut yang akan menggantikan pesawat Avro, 56 helikopter, enam pesawat tanker, 20 pesawat latih lanjut Hawk, dan 38 pesawat latih dasar Pilatus.

Rencana pengadaan armada udara tersebut padahal tinggal menunggu persetujuan akhir dari pemerintah India.

Selain itu, India juga tengah menggodok program pembaruan helikopter pengintai, pengembangan Ka 266T dengan Rusia, rudal jarak jauh darat-ke-udara, penggantian mesin pesawat Jaguar, dan upgrade sistem elektronik MiG-29. Satu-satunya yang akan berjalan sesuai rencana adalah pengadaan Airborne Warning and Control System (AWACS) dari Israel.

Tidak ada tanda-tanda ancaman ke India akan berkurang. Tiongkok malah terus menambah kekuatan militernya dan menunggu respon India,” ujar Daljit Singh, seorang pengamat militer yang juga pensiunan Jenderal AU India.

Dalam rencana anggaran tahun 2016-2017 disebutkan bahwa militer kebagian 37,9 miliar Dolar AS. di tahun anggaran sebelumnya, anggaran pertahanan mencapai 42,1 miliar Dolar AS.

 ♖ Angkasa  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...