Selasa, 10 April 2018

TNI AU Siap Membangun Koops AU III

Skuadron Angkut Baru dan Skuadron Tempur di Biak, Papua Skuadron Angkut TNI AU [Angkasa Review]

TNI Angkatan Udara siap membangun Komando Operasi Angkatan Udara (Koops) AU III di wilayah Indonesia Timur tepatnya di daerah Biak, Papua.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Yuyu Sutisna usai memimpin upacara HUT TNI AU ke-72 di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (9/4/2018).

Kita akan membentuk Koops AU III di wilayah Indonesia Timur karena wilayah Timur cukup luas. Sehingga kita tambah satu Koops AU dan mudah-mudahan prosesnya tidak terlalu lama untuk segera dibentuk,” ujar Yuyu Sutisna.

Menurut Kasau, daerah Biak di Papua dipilih untuk dibangun Koops III karena fasilitas infrastruktur di wilayah tersebut sudah memadai. “Sementara ini rencananya Makoops (Markas Koops) nya berasa di Biak karena fasilitas infrastruktur sudah cukup memadai sehingga tidak harus kita mengeluarkan terlalu banyak untuk pembentukannya,” terangnya.

Baru, Bukan Pemindahan Skuadron

Untuk persiapan pembentukan Koops III tersebut sudah diusulkan kepada Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan tinggal menunggu keputusan dari komando atasan TNI AU.

Selain itu, TNI AU juga akan membentuk skuadron tempur dan skuadron angkut baru di Biak dan bukan memindahkan dari skuadron I dan II. “Tidak memindah, kita rencana akan pembentukan (skuadron) baru. Jadi di wilayah Timur yang pertama akan dibentuk satu skuadron tempur dan satu skjadron angkut sesuai dengan rencana strategis yang sudah kita rencanakan dari sebelumnya,” pungkas Kasau.

Skuadron III dibangun untuk menambah kekuatan TNI AU dalam menjaga wilayah NKRI bagian Timur khususnya di Papua.

  ⚓️ Nusantara Post  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...