Kamis, 28 Februari 2019

Angkatan Udara AS Ajak TNI AU Latihan Bersama

✈️ Bertemu di AustraliaKepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. (Foto: Dok. istimewa)

AKepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menghadiri Avalon Air Show di Melbourne, Australia. Di sela-sela kunjungan itu, Yuyu bertemu dengan Commanding General US 1st Marine Aircraft Wing, Major General Thomas D Weidley.

Dalam pertemuan tersebut, Weidley menyampaikan, angkatan udara AS menawarkan kerja sama yang lebih erat dengan TNI AU dalam bentuk latihan bersama (latma) dan bantuan kemanusiaan.

"Kami menyarankan dan menawarkan kepada Indonesia untuk belajar dari skadron-skadron udara operasional AS terkait operasional, perawatan atau hal lainnya dari pesawat ini," kata Weidley kepada Yuyu, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/2/2019).

Komunikasi dua negara itu juga membahas rencana pembelian pesawat angkut berat C-130J TNI AU. Pesawat tersebut, disebutkan memiliki perbedaan dengan pesawat Hercules generasi sebelumnya.

Yuyu menyampaikan terima kasih atas penawaran kerja sama dari US Marine Aircraft Wing. Dia mengatakan, ajakan kerja sama RI-AS ini akan dibahas dalam pertemuan bilateral tahunan di Hawaii.

"Selanjutnya, agar kerja sama ini lebih komprehensif, maka teknis pelaksanaannya dapat dibahas dalam pertemuan bilateral tahunan antara TNI dengan USPACOM di Hawaii," ujar Yuyu.

Turut mendampingi Yuyu yakni Asrena Kasau Marsda TNI Asep Dian Hermawan, Danseskoau Marsda TNI Donny Ermawan, Koorsmin Kasau dan Atase Udara RI di Australia. (idn/knv)

  ✈️ detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...