Kamis, 21 Maret 2019

TNI AL Kerahkan Dua Kapal Perang Menuju Malaysia

Partisipasi Ajang LIMA 2019 KRI Banda Aceh 593 [TNI AL]

TNI
Angkatan Laut membentuk satuan tugas (satgas) dan mengerahkan dua kapal perang, yakni KRI Banda Aceh-593 dan KRI Halasan-630 untuk berpartisipasi pada ajang internasional The 15th Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2019.

KRI Banda Aceh-593 secara resmi dilepas oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto dari Dermaga 300 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa 19 Maret 2019. Sementara sedangkan KRI Halasan-630 akan berlayar menuju Langkawi Malaysia dari Dermaga Mentigi, Kepri.

Pada kegiatan LIMA yang digelar dua tahunan ini, keikutsertaan TNI AL selain untuk mempererat hubungan bilateral dengan negara penyelenggara dalam hal ini Malaysia, sekaligus menjalin hubungan multilateral dengan negara-negara peserta LIMA 2019 yang hadir pada kegiatan tersebut.

LIMA 2019 akan digelar 26-30 Maret 2019 di Langkawi, Malaysia. Pada rangkaian kegiatan tersebut, Satgas TNI AL akan ikut serta di berbagai kegiatan seperti festival budaya. Para prajurit akan menampilkan Tari Saman dari Aceh dan Tari Gabu-gabu dari Maluku, festival makanan yang menyajikan berbagai makanan tradisional Indonesia, fleet review, open ship, demo visit board Search and Seizure (VBSS) dari Komando Pasukan Katak TNI AL, hingga terlibat pada Farewell Pass dengan seluruh Angkatan Laut negara lainnya.

Seperti dijelaskan dalam siaran pers Dinas Penerangan Angkatan Laut, kedua KRI yang diberangkatkan pada ajang internasional ini merupakan hasil karya anak bangsa produksi industri pertahanan dalam negeri PT PAL, Surabaya.

KRI Banda Aceh-593 unsur KRI yang berada di bawah Komando Lintas Laut militer merupakan kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) dengan ukuran lebar 22.004 meter dan panjang 125 meter. Sedangkan KRI Halasan – 630 merupakan kapal bertipe Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter yang saat ini berada di bawah Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I TNI AL (dam)

  ★ sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...