Minggu, 24 Desember 2023

[Global] Ukraina Tembak Jatuh 3 Jet Tempur Su-34 Rusia

Su-34 Rusia (ist)

Militer Ukraina pada Sabtu (23/12/2023) mengeklaim, telah menembak jatuh tiga jet pengembom milik Rusia di wilayah selatan.

Komandan Angkatan Udara Ukraina Mykola Oleshchuk mengatakan, jet Su-34 jatuh berhasil dijatuhkan pada Jumat (22/12/2023) tengah hari.

Dalam pengumumannya, dia mengaku menemukan sebuah pesan di drone Rusia yang jatuh bertuliskan "Die, bitche".

"Ide bagus! Inilah tanggapan kami!" katanya di Telegram, sebagaimana dikutip dari AFP.

Sebelumnya, dalam pidato Jumat malam, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengucapkan terima kasih kepada tentara yang menembak jatuh pasukan Rusia di wilayah Kherson, Ukraina selatan.

"Ini adalah perolehan Angkatan Udara kita dan aksi langsung dari Brigade Rudal Anti-Pesawat Odessa. Terima kasih kawan!" ucapnya.

Dan semoga setiap pilot Rusia menyadari respons kita terhadap setiap pembunuh Rusia. Tidak ada satu pun dari mereka yang luput dari hukuman,” tambah Zelensky.

Kremlin belum mengomentari klaim Ukraina tentang jatuhnya tiga jet tempur Su-34 Rusia.

Namun blogger perang Rusia, Fighterbomber, menyampaikan ada kerugian yang terjadi baru-baru ini berkaitan dengan jet tempur itu, kemungkinan besar disebabkan oleh sistem pertahanan udara rudal Patriot.

Blogger perang lainnya, saluran Voenniy Osvedomitel (“Informan Militer”) di Telegram, juga melaporkan adanya kerugian di antara jet pengebom Su-34 yang menurut mereka digunakan untuk menjatuhkan bom luncur di jembatan Ukraina di Krynky.

 Belanda kirim F-16 
Terpisah, Zelensky mengatakan telah berbicara dengan Perdana Menteri (PB) Belanda Mark Rutte mengenai pengiriman jet F-16 ke Ukraina.

Ia juga telah membahas persetujuan paket dukungan UE baru senilai 50 miliar euro untuk Ukraina.

Belanda sedang mempersiapkan pengiriman jet tempur F-16 pertama ke Ukraina. Dari keputusan politik mengenai penyediaan pesawat, kami telah beralih ke pelatihan pilot dan insinyur, dan sekarang kami sedang melaksanakan bagian teknis –pengiriman aktual pesawat tempur F-16 ke Ukraina. Jet F-16,” katanya.

Belanda mengumumkan pada Jumat bahwa mereka sedang mempersiapkan pengiriman 18 jet tempur F-16 buatan AS yang dijanjikan ke Ukraina, pada saat Kyiv berada di bawah tekanan di semua lini.

Dengan persetujuan AS, Denmark dan Belanda mengumumkan pada bulan Agustus lalu bahwa mereka akan menyediakan hingga 61 jet, setelah pilot Ukraina dilatih.

 
Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...