Jumat, 26 Juli 2024

Militer Perancis Bagikan Ilmu Pengoperasian Jet Tempur Rafale ke TNI AU

Pesawat tempur Rafale Prancis (TNI AU)

French Air and Space Forces atau Angkatan Udara dan Antariksa Perancis membagikan ilmu kepada TNI AU lewat Misi Pegase 2024.

Lewat misi tersebut, Angkatan Udara dan Antariksa Perancis mendukung penuh Indonesia untuk pengoperasian jet tempur Rafale dan pesawat Airbus A400M Atlas.

Diketahui, baik Rafale maupun A400M merupakan pesawat pesanan Indonesia untuk memperkuat TNI AU.

(Misi ini) untuk mendukung Angkatan Udara Indonesia, kami berbagi perspektif terbang dengan pesawat. Kita tahu, Rafale akan datang (ke Indonesia) pada 2026 dan A400M datang pada 2025,” kata Komandan Misi Pegase 2024 Brigjen Guillaume Thomas dalam konferensi pers di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/7/2024).

Dalam Misi Pegase 2024, TNI AU dan Angkatan Udara dan Antariksa Perancis juga akan bertukar pengetahuan dan pengalaman yang mencakup kegiatan Subject Matter Matter Expert Exchange (SMEE), Air to Air Refueling, serta kegiatan lain.

Misi Pegase 2024 juga menunjukkan komitmen Perancis terhadap keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

Perancis merupakan negara yang berdaulat di kawasan Indo-Pasifik. Angkatan Bersenjata Perancis terlibat sepenuhnya untuk melindungi penduduk Perancis dan kepentingan Perancis di kawasan,” tulis siaran pers Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia.

Pantauan di lokasi, satu jet tempur Rafale dan dua pesawat kargo A400M Angkatan Udara dan Antariksa Perancis terparkir di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu siang, dalam rangkaian Misi Pegase.

Rencananya, satu Rafale dan dua dua pesawat Airbus A330 MRTT Phenix akan menyusul.

Negara-negara yang disinggahi dalam Misi Pegase 2024 kali ini adalah Uni Emirat Arab, Jepang, Singapura, Indonesia, Malaysia, Australia, India, Qatar, Mesir, Filipina, Selandia Baru hingga Kanada.

 
Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...