Minggu, 16 Maret 2025

Bell dan Black Diamond Heliaero Tuntaskan Memodernisasi Avionik Helikopter Penerbad

 Enam helikopter Bell 412EP Puspenerbad berteknologi glass cockpit Enam helikopter Bell 412EP Puspenerbad berteknologi glass cockpit (Dispenad) ✪

Bell Textron Inc, perusahaan Textron Inc mengumumkan bahwa enam helikopter Bell 412EP yang telah dimodernisasi dengan BasiX-Pro Glass Cockpit Retrofit Kit telah diserahkan ke Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat, Jakarta.

Modernisasi yang dilakukan oleh PT Black Diamond Heliaero (BDH), Authorized Maintenance Centre Bell di Indonesia, memberikan pembaruan dengan menghadirkan kokpit digital yang canggih dengan layar beresolusi tinggi, serta sistem pencatatan data mesin dan operasi penerbangan untuk helikopter Bell 412EP milik Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat.

"Kolaborasi yang sangat baik dengan tim purnajual memampukan kami untuk menyelesaikan proyek penting ini untuk Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat dalam waktu yang lebih cepat. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Bell untuk memberikan solusi yang inovatif dan efektif bagi armada helikopter Bell milik Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat,” kata Karina Kasih, Presiden Direktur PT Black Diamond Heliaero, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (13/3/2025).

Perlengkapan retrofit Bell BasiX-Pro Glass Cockpit mengganti instrumen analog dengan sistem kokpit kaca yang terintegrasi penuh, dengan menggunakan layar produksi terbaru Bell dari Astronautics serta avionik Garmin. Modernisasi ini menggunakan teknologi dan instrumentasi terkini dan selaras dengan sistem yang digunakan pada pesawat SUBARU Bell 412EPX dan Bell 429.

"Modernisasi avionik pada helikopter milik Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat mengganti kokpit menjadi kokpit digital yang modern, sehingga meningkatkan kapabilitas Bell 412EP mereka dalam mendukung kebutuhan misi nasional. Kami senang dengan tanggapan awal yang positif yang mana sistem terbaru ini sudah meningkatkan kemampuan operasi Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat di berbagai medan, termasuk dataran tinggi dan dalam kondisi cuaca yang cepat berubah," kata Chris Schaefer, Vice President Global Customer Solutions Bell, menambahkan.

Bell telah hadir di Indonesia selama lebih dari 50 tahun dengan sekitar 110 pesawat yang saat ini beroperasi di berbagai instansi pemerintah dan organisasi komersial. Keberadaan Bell di Indonesia mencakup fasilitas layanan resmi Bell, yakni fasilitas pemeliharaan bersertifikat dan memiliki teknisi layanan pelanggan khusus yang berbasis di Jakarta. (*)

  🚁
SWA  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...