Kamis, 12 Juli 2012

KRI Teluk Tomini Akan Dijadikan Museum di Ancol

KRI Teluk Tomini (508)
JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah Indonesia kemungkinan besar akan menyelamatkan kapal bekas Perang Dunia II yang digunakan oleh pasukan Sekutu untuk pendaratan di Normandia, Perancis pada 6 Juni 1944.
Kapal itu semula bernama USS Bledsoe County (LST-356), dan kemudian ketika masuk Indonesia pada tahun 1967 diberi nama KRI Teluk Tomini (508). Setelah diselamatkan, kemungkinan kapal itu akan ditempatkan di Taman Impian Jaya Ancol.

Penggagas Sahabat Museum Ade Purnama yang dihubungi membenarkan kabar itu setelah ia mendapat surat untuk mengikuti rapat koordinasi teknis (rakornis) Persiapan Museum Kapal Perang Terapung. Rakornis itu akan diadakan di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin pekan depan.

"Setelah melalui sejumlah lobi, kapal itu bisa diselamatkan. Kalau benar bisa diselamatkan, saya pikir kapal itu akan menjadi artefak sejarah buat Indonesia dan warga dunia. Orang-orang Perancis, Amerika Serikat, dan lain-lain pasti akan datang," kata pria yang akrab dipanggil Adep itu, Kamis (12/9/2012).

Ade sendiri saat pergi ke Normandia tidak menemukan artefak yang berupa kapal di lokasi pendaratan. Ia hanya mendapatkan sejumlah mobil jip dan tank. Bila kelak menjadi museum, maka Indonesia mempunyai bukti fisik pendaratan pasukan Normandia.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...