Sabtu, 29 September 2012

PT Lundin Siap Produksi Lagi

(Foto Lundin)
Banyuwangi — PT Lundin Industry Invest, produsen KRI Klewang, siap memproduksi lagi kapal serupa sebagai pengganti kapal milik TNI Angkatan Laut yang terbakar pada Jumat (28/9/2012) di Selat Bali.

Direktur Utama PT Lundin Industry Invest Lizza Lundin, didampingi suaminya, John Lundin, mengemukakan, meskipun kapal terbakar habis, tidak akan menghentikan produksi kapal serupa. "Jika dulu butuh lima tahun untuk riset hingga bentuk hampir sempurna, sekarang kemungkinan lebih cepat lagi karena kami tinggal meneruskan dan memperbaiki apa yang kurang," kata Lizza, Sabtu (29/9).

Lizza mengakui, saat pertama kali mendengar kabar itu, keluarga dan krunya sangat terpukul. Beberapa bahkan pingsan dan menangis sepanjang hari. Akan tetapi, pada Sabtu pagi, para kru dan keluarga Lundin menyatakan siap bangkit.
 
John Lundin menambahkan, hal yang terpenting dalam peristiwa itu adalah keselamatan semua kru mereka. "Kapal akan kami buat lagi, tetapi nyawa tak bisa terganti," katanya. Pada peluncuran KRI Klewang, 31 Agustus 2012, kapal ini diklaim sebagai kapal tercanggih yang akan dimiliki TNI AL. Kapal senilai Rp 114 miliar itu merupakan kapal cepat rudal yang tak terdeteksi radar.

 PT Lundin : KRI Klewang Terbakar Bukan Konseleting Listrik

Surabaya - Direktur Utama PT Lundin Industry Invest, pembuat KRI Klewang, Lizza Lundin membantah kalau KRI Klewang terbakar akibat korsleting arus pendek listrik.

"Tidak benar akibat korsleting listrik," ujar Lizza Sabtu (29/9/2012).

Menurut Lizza kapal tercanggih buatan Indonesia tersebut, sepenuhnya masih dimiliki oleh pihaknya. Pasalnya kapal yang mengambil nama dari senjata khas Madura tersebut, belum diserahkan kepada pihak TNI AL.

Pasca terbakarnya KRI Klewang tersebut, Panglima Armada Timur (Pangartim) TNI AL, Laksamana Agung Pramono mengunjungi sisa-sisa bangkai kapal yang terbaka, sekira pukul 10.00 WIB, di Lanal Banyuwangi.

Usai melakukan kunjungan Pangartim bungkam dan tidak memberikan keterangan apapun terkait terbakarnya KRI Klewang kepada wartawan.

Sebelumnya, KRI Klewang kapal jenis trimaran yang diluncurkan resmi pada 31 Agustus 2012 lalu terbakar di dermaga Pangkalan TNI AL, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kapal yang dibuat PT Lundin Industry Invest merupakan salah satu alutsista andalan TNI AL. Kapal bernomor lambung 625 itu memiliki panjang keseluruhan 63 meter.(ctr).

 PT Lundin: Kapal Siluman Didesain Anti Terbakar

Banyuwangi - PT Lundin Industry Invest, produsen kapal perang siluman KRI KLewang jenis trimaran, menyebut kapal buatannya sudah didesain anti terbakar. Namun pengerjaan kapal senilai Rp 114 miliar itu belum rampung 100 persen.

Direktur PT Lundin, Lizza Lundin menjelaskan, teknologi KRI Klewang sebenarnya dilengkapi springkel yang dapat keluar otomatis bila terjadi kebakaran. Namun  saat terbakar, alat tersebut belum terpasang sepenuhnya di Kapal Cepat Rudal (KCR) yang terbuat dari komposit tersebut.

"Kemarin pekerja masih memasang mesin, elektrik dan lainnya. Karena Kapal belum selesai sepenuhnya," jelas Lizza, saat jumpa pers di kantornya, Sabtu (29/09/2012).

Meski pengerjaannya belum selesai, TNI AL meminta supaya KRI Klewang segera diujicoba, Jumat (28/09/2012) sore kemarin. Sebab itu, PT Lundin mengerahkan sekitar 30 pekerjanya segera memasang sejumlah mesin dan listrik.

Dalam proses pengerjaan itulah akhirnya terjadi kebakaran. Diduga api ditimbulkan karena korsleting saat instalasi listrik dari darat ke kapal. Dari kejadian itu KRI Klewang ludes terbakar sebelum sempat diujicoba. Kejadian ini masih dalam penyelidikan pihak PT Lundin.

 Penyebab kebakaran masih diinvestgasi

(Foto bismania)
PANGLIMA TNI, Laksamana Agus Suhartono mengatakan, investigasi terhadap insiden terbakarnya kapal cepat rudal Trimaran, KRI Klewang 625, di dermaga Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (28/9) lalu masih dalam penyelidikan.

Ketika dikonfirmasi perihal kemungkinan adanya sabotase dalam peristiwa itu, Panglima TNI mengaku belum dapat memberikan pernyataan apapun. "Di sana sedang dilaksanakan investigasi. Karena kapalnya masih dalam proses pembangunan. Karena itu, semuanya (termasuk kemungkinan adanya sabotase), bisa saja terjadi," kata Agus di Halim PK, Jakarta, Minggu (30/9).

Agus menjelaskan, pihaknya akan mempertimbangkan lebih lanjut apakah akan membeli lagi kapal sejenis diwaktu mendatang. "Tentu akan kita evaluasi kembali. Kalau yang ini pasti tentu dari pihak terkait akan mengupayakan penggantian itu, akan dibuat ulang. Setelah itu baru akan kami evaluasi," ujarnya.

Seperti diberitakan, kapal cepat rudal Trimaran, KRI Klewang 625, terbakar di dermaga Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (28/9). Hampir tiga perempat badan kapal yang panjangnya 62 meter hangus terbakar. Kebakaran kapal terjadi saat para pekerja sedang menyelesaikan interior bagian dalam kapal.

Humas PT Lundin Industries selaku produsen kapal tersebut, Rusty, sebelumnya menyatakan penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik. Akan tetapi, kepastian penyebab terbakarnya kapal akan diketahui setelah dilakukan penyelidikan.

KRI Klewang 625 seharga lebih dari Rp100 miliar itu terbuat dari bahan komposit karbon yang tidak terdeteksi radar. Menurut Kapuspen TNI, Laksamana Madya Iskandar Sitompul, kapal tersebut belum diserahkan produsennya ke TNI.
© Kompas, Okezone, Detik, Jurnas

5 komentar:

  1. Insiden yang sangat mengecewakan kita semua. Ini merupakan bahan pembelajaran agar tidak terjadi lagi.
    Kebakaran dapat terjadi karena ada 3 unsur (segitiga kebakaran) yaitu oksigen, bahan bakar dan sumber api. Bila salah satu unsur tidak ada maka kebakaran tidak mungkin terjadi. Cara pencegahan dan pemadaman kebakaran prinsipnya adalah dengan menghilangkan atau mengurangi jumlah atau konsentrasi salah satu unsur.
    Oksigen ada di udara dimana-mana. KRI Klewang pada waktu diluncurkan dalam keadaan kosong, belum ada mesin, minyak diesel, persenjataan, peralatan atau furnitur lain. Perkabelan baik kabel daya maupun kabel komunikasi/ kontrol kemungkinan sudah terpasang. Jadi yang termasuk bahan bakar dalam segitiga kebakaran adalah bodi/ struktur kapal termasuk perkabelan. Tinggal satu unsur yaitu sumber api, yang dapat berasal dari api yang telanjang (misal alat las), bunga api dari kortsleting/hubung singkat kabel, puntung rokok, atau kesengajaan/ sabotase.
    Beritanya kebakaran terjadi pada waktu sedang ada pekerjaan fitting out kapal yaitu pemasangan mesin, persenjataan, peralatan atau furnitur lain. Yang menarik adalah berita dugaan sementara sebabnya adalah kortsleting/hubung singkat kabel. Hal lain yang menarik adalah bodi/struktur kapal yang cepat terbakar. Kortsleting tidak akan terjadi kalau kabel belum dimasuki daya listrik. Bodi/struktur kapal dapat cepat terbakar apabila bodi/struktur kapal bersifat mudah terbakar/ combustible, seperti kapal kayu. Ibaratnya satu peluru tracer dari senapan mesin berat yang mengenai kapal dapat menyebabkan kapal terbakar.
    Ada 2 hal yang harus diinvestigasi :
    1. Prosedur pencegahan dan penanggulangan kebakaran pada saat melakukan pekerjaan fitting out kapal.
    2. Apakah bahan carbon fibre yang digunakan dalam pembuatan KRI Klewang cocok untuk bodi/struktur kapal perang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat masbro, harus jadi pembelajaran untuk semua pihak. Etos kerja dan disiplin kerja harus ditingkatkan lagi, soalnya pekerja indo kadang2 suka menyepelekan masalah yang akibatnya sering menimbulkan masalah besar, ane sering liat orang kita tu kerja sambil ngerokok. Berkaca dari musibah ini seharusnya standard kerja lebih ditingkatkan selain pengawasan yang lebih ketat untuk mencegah sabotase. Semoga bisa segera dibuatkan lagi dengan membawa pengalaman yang sangat berharga ini..

      Hapus
  2. Setojooo sob Jgn menyerah Mr.lundin kmi mendukung mu,Tetap berkreativitas,ada hikmah dlm kejadian ini tentang material serat karbon yg ternyata mudah terbakar dan seperti lilin.

    BalasHapus
  3. Sudah tahu brooo....antek asing sudah bukak pangkalan dalam ke satuan nkri .saya bukan nuduh "cuma bicara akal sehat anak bangsa mr lundin sekeluarga patut di banggakan dan tidak di korbankan "igat tegok sejarah ke belakang ,lapan satu satunya di asia penemu roket mesin pendorong roket setelah cina ,saman bungkarno ordelama !!!!!suharto orde baru datang bak begal atas ke mauan asing demi kekuasaan lapan di kebiri dan di stop produksi roket hasil nya bisa di liat sekarang ?cina biasa hidup mandiri maju di segala bidang !!!indonesia jalan di tempat gara2 ulah orde baru !!!!!kita semua bersatu dan berkaca kebelakang igat fitnah itu kejam !!!!"untuk mr lundin sekeluarga tabah kami siap di belakang dan igat pula jawa timur basiss nya benteng repuplik anda tepat bukak perkapalan nuansa pertahanan ,kami siap jadi martil !!!!kami dukung dan segera bangun kembali amin22 i love you mr lundin sekeluaga

    BalasHapus
  4. Tetap semangat Mr.Lundin... Anda tetap yg terbaik..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...