Kamis, 18 Juli 2013

Nama Calon KAPOLRI akan Diserahkan ke Presiden

Nama Calon KAPOLRI akan Diserahkan ke PresidenSamarinda • KOMISI Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan menyerahkan nama calon Kapolri kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada akhir Juli 2013.

Komisioner Kompolnas Hamidah Abdurrachman kepada Antara di Samarinda, Rabu (17/7/2013), menyatakan terdapat sembilan nama calon Kapolri yang sudah dikantongi Kompolnas, tiga di antaranya jenderal berbintang tiga sementara enam lainnya jenderal bintang dua.

"Target kami akhir Juli 2013 untuk menggodok nama calon Kapolri yang akan diserahkan ke presiden. Jika merujuk pada pernyataan juru bicara istana bahwa presiden akan mengumumkan nama Kapolri yang baru pengganti Timur Pradopo pada Agustus, maka kami targetkan finalisasi penentuan nama-nama calon Kapolri akan selesai hingga bulan ini," ungkap Hamidah Abdurrachman.

Finalisasi penetapan nama calon Kapolri ini mengalamai beberapa kali penundaan. Hamidah Abdurrachman menjelaskan, persoalan ini disebabkan tertundanya rapat pleno karena kesibukan komisioner Kompolnas.

"Pada finalnya, kami akan mengerucutkan nama-nama calon Kapolri itu. Namun, itu juga tergantung hasil rapat pleno, apakah kesembilan nama itu akan diserahkan ke presiden atau akan dikecurutkan terlebih dahulu," katanya.

"Saat ini kami belum mengerucutkan nama-nama itu karena komisioner Kompolnas selalu tidak lengkap. Seperti sekarang, ketika mau dilakukan rapat pleno beberapa komisioner bertugas di luar daerah dan ada yang keluar negeri.

Dari sembilan calon Kapolri tersebut, tiga di antaranya jenderal bintang tiga yakni, Komisaris Jenderal Sutarman, Komjen Budi Gunawan dan Komjen Anang Iskandar.

"Ketiga jenderal bintang tiga ini pasti akan menjadi nominator sebab syaratnya memang harus berpangkat Komjen. Kami sudah bertemu dan bertatap muka dengan mereka dan ketiganya memang layak karena sudah bintang tiga dan tentu dari aspek pengetahuan, wawasan, kemampuan dan kepribadian mereka sangat layak untuk jadi Kapolri," ujar Hamidah.(P)

  PelitaOnline  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...