Jumat, 04 Oktober 2013

F-16 Fighting Falcon kawal pengamanan udara KTT APEC 2013

Nusa Dua, Bali - Pengamanan udara pelaksanaan KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, diperkuat dengan kehadiran satu flight F-16 Fighting Falcon Skuadron Udara 3, yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur.

Kemarin (3/10), satu flight F-16 Fighting Falcon Blok 25 TNI AU itu diterbangkan dari pangkalannya menuju Pangkalan Udara TNI AU Ngurah Rai, sebagai pangkalan aju mereka selama KTT APEC 2013 dilaksanakan pada 1-8 Oktober ini.

Pejabat di lingkungan Dinas Penerangan TNI AU, Jumat, menyatakan, untuk selanjutnya semua F-16 Fighting Falcon yang diterbangkan itu berada di bawah kendali operasi Komando Gabungan Pengamanan KTT APEC 2013 Markas Besar TNI.

Komando gabungan inilah yang bertanggung jawab mengamankan seluruh aktivitas KTT APEC 2013 yang diikuti 21 kepala negara/kepala pemerintahan anggota APEC.

Satu flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dalam Operasi Pertahanan Udara VVIP KTT APEC 2013 dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 3, Letnan Kolonel Penerbang Setiawan, yang keberangkatannya dilepas langsung Komandan Wing 3 Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahjudi, Kolonel Penerbang Minggit Tribowo.

Bukan cuma satu flight F-16 Fighting Falcon itu yang diberangkatkan, karena juga dikerahkan personel Batalion 463 Pasukan Khas TNI AU, Satuan Polisi Militer TNI AU setempat, Satuan Hewan Brigade Anjing, yang dibawa sejumlah C-130 Hercules dari Skuadron Udara 31 dan Skuadron Udara 32.

  Antara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...