Rabu, 16 Oktober 2013

Pemaparan Pengadaan Kontrak Alutsista MEF 1 di Hadapan Pemimpin Media

Dalam penjelasannya, sejak 2010 telah dilakukan 24 kegiatan pengadaan besar. Dimana 19 kegiatan diantaranya telah memasuki fase kontrak, dan 5 lainnya dalam proses kontrak. Dari kontrak sebanyak itu 7 diantaranya sudah dalam proses produksi di negara produsen. Namun demikian, ARC memiliki informasi terbaru, bahwa meriam 155 howitser Caesar yang dalam presentasi masih dalam proses aktivasi, saat ini sudah kontrak efektif. Jika tidak ada aral melintang, meriam canggih asal Prancis itu akan tiba pada pertengahan 2014. Untuk lebih jelasnya, simak copy presentasi sederhana dari Wamenhan.

Perlu diketahui, dalam proses pengadaan ini, dilakukan dengan banyak skema. Mulai dari skema pembiayaan dalam negeri, pembiayaan luar negeri dan rupiah murni.

● Pembiayaan Luar Negeri



● Pembiayaan Dalam Negeri


● Rupiah Murni



Jika dilihat secara utuh, memang pengadaan kali ini bisa dinilai luar biasa. Hanya dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, Indonesia berhasil membangun kekuatan. Karenanya kini diperlukan konsistensi dari pemerintahan selanjutnya untuk melanjutkan program pembangunan kekuatan. Semoga saja.

  ARC  

5 komentar:

  1. Kapal selam ke-3???? (Program khusus)

    Maksudnya KILO hibah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud.a kira2 changbogo ke 3, jadi tambahan dananya untuk bangun pabrik di pt. Pal (pabrik kasel)

      Hapus
  2. Saya melihat masih ragu2 TNI utk membeli alutsista buatan kita, (bercermin dr pengalaman operasi di Aceh) Anoa/kapal laut masih sedikit yg dibeli oleh TNI sebenarnya kawasan kalimantan(kodam/lanal) hrs sdh ada termasuk sumatra(kodam/lanal) dan utk persenjataan runduk khusus sdh agak memuaskan berjumlah 200 an serta matra lain juga hrs disiapkan utk menggunakan sbg pegangan(olah keprajuritan hrs terus dikuasai ) prajurit2 NKRI kira2 1500 pucuk. Baru TNI dpt dikatakan gahar......................

    BalasHapus
  3. Utk SU27/30 ♈ªϞ6 berjumlah 12 unit apakah ♈ªϞ6 ada sekarang ini ♈ªϞ6 sdh menjadi 1 skuadron apa mau nambah lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ini kontrak pembelian sebelum menjadi 1 skuadron Su27/30 Mas .... Masalah penambahan Alutsista kemungkinan di MEF II perkiraan Tahun 2015-2019. Smoga saja ada penambahan yang lebih bergigi di MEF II termasuk pesawat, kapal maupun Rudal jarak menengah.

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...