Rabu, 27 November 2013

The Jupiters Lepas menuju Bridex 2013, Brunei Darussalam

The Jupiters Aerobatic Team yang merupakan team Aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara, Rabu (27/11) dilepas oleh Staf Kemenhan untuk menuju Brunei Darusalam dalam rangka mengikuti Bridex 2013, Brunei Darussalam International Defence Ekhibition 2013 yang akan berlangsung pada tanggal 5 dan 6 Desember 2013 mendatang.

Pelepasan Tim JAT berlangsung di Base Ops Lanud Adisutjipto, dari Kemhan diwakili oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Pertahanan Marsekal Muda TNI Joko Setiono.

Dalam sambutan awal Beliau mengatakan “The Jupiters telah mengukir prestasi tidak hanya di Indonesia namun telah memukau di Centervial of RTAF Founding Fathers Aviation atau 100 tahun penerbangan Thailand tahun 2012, selanjutnya bulan Februari 2013 diundang negera Jiran malaysia dalam Langkawi International maritime and Aerospace Exhibition 2013.

Hadir pula dalam acara pelepasan tersebut Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munandar, SE, Komandan Wing Dik Terbang Kolonel Pnb Ir Bob H Panggabean, para Kadis Operasi, Kepala Dinar Personel, kepala dinas Logistik dan para pejabat di Lanud Adisutjipto dan Penerbang lainnya.

Tim ini direncanakan akan bertolak meninggalkan Base campnya besok tanggal 28 November menuju Surabaya dan dilanjutkan ke Banjarmasin. Perjalanan akan dilanjutkan esok harinya dari Banjarmasin menuju Balikpapan dan Tarakan (Round), di lanjutkan ke Brunai Darussalam. Tim Aerobatic yang akan beraksi di Bridex 2013 ini melibatkan 8 pesawat, dan 52 crew. Direncanakan Team JAT akan kembali ke Maguwo, Yogyakarta (7/12).

Dan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar, SE, menyampaikan bahwa Team JAT telah menyiapkan generasi ke tiga ini jauh sebelum tampil perdana saat HUT TNI ke 68 tahun 2013 yang lalu.

Proses regenesasi ini telah berjalan mulus dan tanpa hambatan. Dan sampai sekarang, team JAT ini telah dapat terbang formasi dengan 8 pesawat. Masih menurut Danlanud Kesiapan The jupiters saat ini telah 100 %.

Dalam pameran ini, The Jupiters Aerobatik Team akan menampilkan manuver akrobatik udara dengan formasi, antara lain, Jupiter Roll, Arrow Head Loop-Break Off, Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Jupiter Roll Back.

Formasi dari The Jupiters akan dipimpin oleh Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai Leader di Jupiter 1, dimana masing-masing pesawat diawaki oleh Kapten Pnb Ripdho Utomo sebagai Right Wing di Jupiter 2, Kapten Pnb Apri Arfianto sebagai Left Wing di Jupiter 3, Mayor Pnb Ari Susiono sebagai Slot di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai Lead Synchro di Jupiter 5, dan May Pnb Marcellinus Dirgantara sebagi Syncro di Jupiter 6.

Saat pelepasan Team JAT ini selain mengelar koferensi pers juga diadakan static show dan foto bersama. Semua wartawan diberikan kesempatan untuk melihat dari dekat profil KT-01 Woong Bee, pesawat The Jupiter.

Keberhasilan dan kesuksesan Jupiter Aerobatik Team tidak hanya merupakan hasil kerja keras dan profesionalisme dari para instruktur Penerbang TNI AU saja, akan tetapi kesempatan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Udara untuk berinteraksi dengan komunitas aerobatik internasional lainnya.

  Lanud Adisutjipto  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...