Selasa, 21 Januari 2014

Hari Dharma Samudera di Pulau Terluar Indonesia

Makna Peringatan Hari Dharma Samudera adalah untuk mengingatkan kembali jasa-jasa para Pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan, termasuk Pahlawan Komodor Yos Sudarso yang gugur dalam pertempuran di Laut Aru melawan Belanda yang terjadi 15 Januari 1962.

Melalui momentum sejarah tersebut, Lantamal I Belawan bersama seluruh Unsur FKPD Sumatera Utara memperingatinya dengan melaksanakan Upacara Peringatan di Pulau Terluar Indonesia yang masih berada di wilayah Sumut yaitu Pulau Berhala, Jumat (17/01).

Pada Upacara yang dipimpin Langsung oleh Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi, SE, sebagai Inspektur Upacara serta Danyonmarhalan I Belawan Mayor Marinir A.A. Gede Agung Jayaputra sebagai Komandan Upacara, hadir Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Haris S., S.E.,M.M., Pangkosekhanudnas III Medan Marsekal Pertama Sungkono, S.E. M.Si, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Drs. Basarudin, S.H, M.H, Danlanud Suwondo Medan Kolonel Pnb SM. Handoko, S.IP., M.AP, Ketua Pengadilan Tinggi Medan A. TH. Pudjiwahono, SH, M.Hum, Asisten Operasi Danlantamal I Kolonel Laut (P) Alex Syahril, dan Bupati Serdang Bedagai Soekirman.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko yang dibacakan Danlantamal I pada Upacara tersebut berpesan kepada seluruh generasi muda untuk selalu mencontoh semangat para Pahlawan terdahulu dalam mempertahankan NKRI dan diharapkan kepada generasi penerus untuk selalu berkompetisi dengan wawasan serta gagasan yang maju dalam membangun Bangsa demi Kemajuan Negara Republik yang kita cintai ini.

Pada kesempatan itu juga Pangdam I/Bukit Barisan menyempatkan diri memberikan kata sambutan sekaligus memberikan bingkisan kepada para Prajurit TNI AL dan TNI AD yang ditugaskan menjaga pengamanan di Pulau Berhala. Dalam sambutannya Pangdam I/Bukit Barisan berpesan untuk selalu menjaga kesolidan TNI dan kekompakan.

Setelah pelaksanaan Upacara dan pengarahan kepada seluruh prajurit, seluruh Unsur FKPD Sumatera Utara melaksanakan Sholat Jum'at persis di tenda bibir Pantai yang disediakan oleh Satgas Pam Pulau Berhala, yang dipimpin oleh Perwira Rohani Lantamal I Belawan Kapten Laut (KH) Simangunsong selaku Khatib Sholat Jum'at.

  TNI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...