Kamis, 13 Februari 2014

2013, Tahun Kenangan Manis RI-Rusia

http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2013/09/skadron-11-sukhoi-tni-au.jpgJakarta 2013 ternyata menyisakan kenangan manis terhadap hubungan bilateral Indonesia-Rusia. Pernyataan bernada positif tersebut disampaikan oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin.

"Tahun lalu merupakan tahun yang sangat produktif untuk ikatan bilateral Indonesia-Rusia dalam sejumlah bidang kerja sama," ujar Galuzin, saat ditemui di Jakarta, Senin (10/2/2014).

Hal tersebut dibuktikan dengan dialog antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di sela-sela pertemuan APEC di Bali Oktober 2013. Dalam dialog tersebut, kedua pemimpin negara setuju untuk meningkatkan kerja sama ke langkah lebih maju.

Dalam catatan Galuzin, di bidang ekonomi kedua negara telah mencapai volume perdagangan sebesar USD3 juta. Tidak hanya itu, sejumlah sektor lain turut mengalami kenaikan signifikan. Sektor pertahanan, aviasi, dan proyek konstruksi merupakan contoh nyata sektor kerja sama Indonesia-Rusia yang telah meningkat dari tahun ke tahun.

Sementara khusus sektor militer, pembelian beberapa pesawat tempur jenis Sukhoi pada 2013, adalah bukti nyata peningkatan kerjasama yang semakin erat antara kedua negara. Selain itu, kerja sama di bidang militer merupakan kontribusi Rusia dalam memperkuat pertahanan dan keamanan nasional di Tanah Air.(ade)

  ♞ Okezone  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...