Rabu, 12 Februari 2014

Kekuatan Militer China Bertambah

http://us.images.detik.com/albums/detikfinance-1/belanja-militer/Militer_China_Dalam_Grafis_Infografis_Detikfinance.jpgSetelah menguasai perekonomian dunia, China kini bangkit menjadi 'penguasa' baru dalam dunia militer. Selama satu dekade lebih, China menggelontorkan banyak duit yang cukup membuat kekuatan militernya menggetarkan.

Berbeda dengan negara lain yang anggarannya naik turun, China konsisten meningkatkan anggaran militernya tahun demi tahun.

Besarnya anggaran ini membuat China dapat membangun kekuatan militer yang bikin jerih. Populasi tentaranya terbesar di dunia, meski itu logis karena penduduknya pun terbesar di dunia.

Tapi yang menarik, sebagian besar duit negeri Tirai Bambu itu juga digelontorkan untuk studi dan pengembangan senjata dalam negeri. Dengan cara itu, mereka memiliki segalanya, dari persenjataan ringan sampai yang berhulu ledak nuklir.

Menurut Departemen Pertahanan Amerika Serikat, China saat ini mengembangkan senjata berbasis energi kinetik, laser bertenaga tinggi, senjata microwave, senjata pancaran partikel, dan yang berbasis elektromagnetik.

Tapi angkatan bersenjata China menyatakan bahwa modernisasi persenjataan mereka terjadi berkat bantuan teknologi canggih dari sekutu-sekutu Amerika.

Contohnya, mesin diesel dari Eropa untuk kapal-kapal perang China, desain helikopter militer dari Eurocopter, sonar anti-kapal selam dari Prancis, dan teknologi Australia di dalam kapal Houbei, serta teknologi rudal, laser, dan pesawat tempur, dari Israel.

  ♞ detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...