Rabu, 29 Juli 2015

[World] 'Bangkai kapal selam' ditemukan di perairan Swedia

Swedia sedang menyelidiki laporan yang mengatakan sebuah bangkai kapal selam telah ditemukan di wilayah perairan negara itu. Tahun lalu kapal-kapal Swedia memburu kapal selam Rusia yang diduga berada di wilayah perairan Swedia

Militer mengatakan sedang mempelajari video bangkai kapal yang direkam oleh penyelam lepas pantai timur Swedia.

Para penyelam dari Ocean X Team dan Ixplorer menyebutkannya sebagai sebuah kapal selam mini dari Rusia, mengacu pada alfabet Sirilik yang tampak pada lambung kapal.

Tahun lalu, militer Swedia terlibat perburuan besar-besaran mencari apa yang dicurigai sebagai kapal selam Rusia.

Kapal dan pesawat angkatan laut terlibat dalam pencarian di kepulauan Stockholm pada Oktober, tapi operasi itu dibatalkan setelah satu minggu.

Kementerian pertahanan Rusia membantah keterlibatan kapal mereka.

Aneksasi semenanjung Krimea oleh Rusia dari Ukraina tahun lalu serta dukungan Moskow bagi pemberontak separatis di timur Ukraina telah memicu kecurigaan tentang niat mereka terhadap negara tetangga lainnya, terutama di wilayah Baltik.

 Terlalu dini 

Militer Swedia mengatakan masih terlalu dini untuk memastikan bangkai itu benar merupakan sebuah kapal selam.

Juru bicara Jesper Tengroth mengatakan pada hari Senin lebih baik "Untuk menghasilkan fakta daripada spekulasi", lapor kantor berita Associated Press.

Sebelumnya, Ocean X mengatakan dalam sebuah pernyataan telah menemukan "kapal selam mini Rusia... tidak jauh dari pantai Swedia".

Mereka mengatakan kapal itu panjangnya sekitar 20m dengan lebar 3,5m.

"Belum jelas usia dan berapa lama kapal selam itu telah berada di dasar laut, tapi huruf-huruf Sirilik pada lambung kapal menunjukkan asalnya dari Rusia."

Ditambahkan kapal selam itu "benar-benar utuh," dan pintu-pintunya tertutup.

Stefan Hogeborn dari Ocean X dikutip mengatakan kecemasannya bahwa para awak kapal itu diduga tidak sempat melarikan diri sebelum kapal itu karam.

Seorang pakar seperti dikutip oleh pers Swedia memperkirakan bangkai kapal itu mungkin berasal dari kapal selam Rusia yang tenggelam pada 1916.

  BBC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...