Rabu, 19 Agustus 2015

Pasukan Garuda Peringati Hari Kemerdekaan Di Luar Negeri

Pasukan Garuda Bersama Staf KBRI Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-70 di LebanonSeluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada pastinya tidak akan ketinggalan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70, hal ini juga berlaku bagi Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Kontingen Garuda Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) 2014-2015 yang tengah melaksanakan tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian bersama Duta Besar RI untuk Lebanon Bpk. Achmad Chozin Chumaidy serta seluruh Staf KBRI, mahasiswa dan pelajar RI di Lebanon.

Meski bulan Agustus merupakan puncak musim panas di Lebanon dengan suhu mencapai lebih dari 39 derajat Celcius, tidak menghalangi para Pasukan Garuda termasuk WNI yang berada di Lebanon, baik Staf KBRI dan keluarga besar kantor kedutaan RI, mahasiswa dan pelajar serta para tenaga kerja yang bertugas di Lebanon merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-70, bertempat di Markas Indobatt UN Pos 7-1, Adshit al Qusayr, Lebanon Selatan, Senin (17/8/2015).

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70 tahun 2015 diawali dengan pelaksanaan upacara, bertindak selaku Inspektur Upacara Dubes RI untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy, dan dihadiri antara lain oleh Komandan Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 Kolonel Inf Danni Koswara beserta para Dansatgas di jajaran Kontingen Garuda, COS MTF Kolonel Laut (P) Dato Rusman Sutan dan DCO Sector East Kolonel Kav Yotanabey A.M.
Dubes RI dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh WNI yang hadir dalam upacara tersebut bahwa, upacara peringatan HUT Kemerdekan RI di Lebanon ini merupakan anugerah dari Allah SWT, sehingga dapat dirayakan secara bersama-sama oleh seluruh Warga Negara Indonesia yang berada di Lebanon baik staf dan keluarga besar kantor kedutaan, mahasiswa dan pelajar serta para tenaga kerja dan seluruh prajurit Kontingen Garuda Unifil 2014-2015, dan ini merupakan suatu momentum untuk meningkatkan rasa patriotisme bangsa dan semangat untukgiat bekerja keras demi nusa dan bangsa.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan berbagai perlombaan permainan yang diikuti dan dihadiri oleh seluruh prajurit Kontingen Garuda beserta seluruh staf Kedubes RI, dan masyarakat Lebanon disekitar wilayah tersebut, sehingga perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Lebanon menjadi sangat menarik dan meriah.

Adapun jenis perlombaan permainan yang ditampilkan diantaranya yaitu lomba gigit koin pada buah semangka yang dilumuri oli, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, lomba bakiak tandem, dan lomba joget. Walaupun cuaca sangat panas pada saat acara perlombaan berlangsung, namun tidak membuat peserta lomba turun semangat. Sebaliknya, mereka sangat antusias untuk mencoba dan memenangkan perlombaan.

Selama perlombaan permainan berlangsung, banyak sekali kejadian dan penampilan mereka yang mengocok perut atau membuat tertawa seluruh penonton. Di sela-sela kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70 tersebut juga dimeriahkan dengan stand.
Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70 di DarfurSejak kedatangan Indobatt di Darfur, Sudan Afrika dan bergabung dengan misi United Nation Mission In Darfur (Unamid), Pasukan Indonesia sudah menunjukkan kontribusinya sebagai Pasukan Perdamaian yang profesional dan mampu mendapatkan apresiasi positif dari warga lokal di Darfur Barat. Demikian dikatakan oleh Head of Office Sector West Unamid Mr. Mohammed M. Tal saat memberikan sambutan pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70 di Super Camp, Sektor Barat Darfur, Senin (17/8/2015).

Upacara ini diikuti oleh perwakilan pleton pasukan dari seluruh Troop Contributing Countries (TCC) yang ada di Sektor Barat Darfur, antara lain Bangladesh Army, Bangladesh Police, Burkina Faso, Pakistan, serta Snegal. Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf M. Herry Subagyo dengan Komandan Upacara Kapten Inf Heri Bertus Purwanto.

Pelaksanaan Upacara 17 Agustus di Darfur merupakan puncak dari rangkaian kegiatan untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang di gelar oleh Satgas Batalyon Komposit TNI Kontingen Garuda XXXV-A/Unamid atau Indonesian Battalion (Indobatt) yang tengah bertugas sebagai Pasukan Perdamaian PBB.

Sebelumnya, masih dalam rangkaian Hari Kemerdekaan RI ke-70, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indobatt juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti pemberian bantuan alat pendidikan ke sekolah di wilayah Darfur Barat, pembangunan pompa air, olah raga bersama masyarakat lokal, serta pengobatan massal.

Dalam kesempatan yang sama, Deputy Sector West Unamid Kolonel Mohammed Ali mengucapkan selamat merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-70 kepada Pasukan Indonesia yang ada di Darfur dan seluruh Peacekeepers Indonesia yang bertugas pada misi PBB di wilayah lainnya. “Pertahankan reputasi dan prestasi yang sudah di raih, saya yakin dan percaya Indonesia akan semakin bangga memiliki prajurit seperti anda semua”, tandas Kolonel Mohammed Ali.

Selain melaksanakan upacara sebagai kegiatan utama, pada kesempatan tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada 43 Prajurit Indobatt yang di wakili oleh Kapten Marinir Yusman Effendi dan Lettu Inf Jimson Siahaan yang telah berprestasi menggagalkan pencurian dan melaksanakan pengamanan aset UN di wilayah Area of Responsibility Indobatt.

Di akhir kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70 di Darfur, dimeriahkan dengan perlombaan tradisional seperti halnya Peringatan 17 Agustus di tanah air yang diikuti oleh para Peacekeepers Unamid di Sektor Barat Darfur serta para Prajurit Indobatt.

   TNI AD  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...