Minggu, 27 Maret 2016

[Dunia] Rusia Berencana Membangun Pangkalan Militer di Sekitar Jepang

http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2016/03/Rusia-Berencana-Membangun-Pangkalan-Militer-di-Jepang-800x445.jpgRusia sedang mempertimbangkan untuk membangun sebuah pangkalan angkatan laut di beberapa pulau di sebelah utara Jepang. Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengatakan bahwa daerah itu meliputi wilayah yang dahulu menjadi pusat perselisihan antara Tokyo dan Moskow.

Shoigu mengatakan bahwa kedaulatan Rusia atas Greater Kuril Ridge akan dibahas saat Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengunjungi Rusia pada bulan Mei mendatang untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Melalui pertemuan itu, diharapkan terjadi kemajuan dalam negosiasi sengketa di wilayah itu.

Shoigu menjelaskan bahwa selama pertemuan dengan dewan Kementerian Pertahanan, tim investigasi Rusia dari Armada Pasifik akan dikirim untuk menentukan kelayakan pembangunan basis militer di pulau-pulau itu.

Shoigu juga mengumumkan bahwa Russian Bal and Bastion shore-to-ship missiles dan drone Eleron-3 akan dikirimkan ke pulau-pulau itu sebelum akhir tahun 2016 ini.

Pulau Etorofu, Kunashiri dan Shikotan serta kelompok kepulauan Habomai disita oleh Uni Soviet setelah Jepang menyatakan menyerah dalam Perang Dunia II. Jepang telah berjuang untuk mengambil kembali pulau-pulau itu, sementara Rusia berusaha untuk mempertahankannya. [asia.nikkei.com]

 ♖ jakarta greater  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...