Rabu, 01 Februari 2017

[Dunia] Iran Uji Coba Rudal Khorramshahr

Iran kembali melakukan uji coba rudal [Associated Press]

Iran disebut kembali melakukan uji coba peluncuran rudal di mana peluncuran ini merupakan sebuah bentuk pelanggaran resolusi PBB. Kabar peluncuran rudal tersebut dilaporkan oleh media Fox News.

Sebagaimana dikutip dari New York Post, Selasa (31/1/2017) peluncuran rudal tersebut diadakan di lokasi uji coba yang berada di luar Kota Semnan pada Minggu 29 Januari. Pejabat Amerika Serikat (AS) mengklaim rudal yang digunakan dalam uji coba tersebut merupakan rudal balistik jarak menengah yang bernama rudal khorramshahr.

Sang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya itu mengklaim, rudal tersebut terbang sejauh 965 kilometer sebelum meledak. Fox News mewartakan, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan pernah menyatakan pada September 2016 bahwa negaranya akan memulai produksi rudal khorramshahr.

Namun, bila kabar ini memang benar maka Iran dianggap melanggar resolusi PBB yang disetujuinya dalam kesepakatan pelucutan pengembangan senjata. Berdasarkan Resolusi PBB 2231, Iran dilarang mengadakan uji coba peluncuran rudal selama delapan tahun yang mulai berlaku pada 20 Juli 2015. (emj)

   Okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...