Selasa, 17 Juli 2018

Lanud El Tari Kupang Masuk Dalam Perencanaan Peningkatan Tipe

T50i TNI AU di Yogyakarta

Panglima Komando Operasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Pangkoopsau) III, Marsekal Muda TNI Tamsil Gustari Malik menyatakan, Pangkalan Udara El tari Kupang masuk dalam perencanaan peningkatan tipe dari tipe B saat ini menjadi tipe A.

Hal ini disampaikan Pangkoopsau III Marsekal Muda TNI Tamsil Gustari Malik kepada wartawan dalam kunjungan kerjanya pada Minggu (15/7/2018) siang di VIP Room Lanud El tari Kupang, Nusa tenggara Timur.

Menurut Tamsil, saat ini baru dua pangkalan udara di wilayah komando operasi III (wilayah Timur) yang memperoleh peningkatan tipe menjadi tipe A melalui Keppres yaitu Lanud Jayapura dan Lanud Manuhua Biak.

Saat ini untuk Koopsau III baru dua (lanud) yang ditingkatkan statusnya yaitu Biak dan Jayapura. Memang dalam perencanaan itu (Lanud El Tari Kupang) masuk, namun akan dilihat kepentingan dalam waktu dekat. Untuk Kupang sendiri juga sudah masuk dalam perencanaan,” ujarnya.

Terkait cepat atau lambatnya waktu eksekusi peningkatan tipe, Tamsil menjelaskan akan dipertimbangkan berdasarkan konstelasi ancaman dan perspektif kewilayahan.

Dalam waktu dekat atau lama, kita lihat konstelasi ancaman dan perspektif dari selatan timur utara.

Menurutnya, posisi Lanud El Tari Kupang sangat strategis sebagai Lanud perbatasan sehingga pemerintah akan mempertimbangkan secara bertahap.

Karena hubungan kita dengan Australia yang cukup baik selama ini, kita menjadi pangakalan terdepan untuk perbatasan di wilayah selatan. Sehingga masuk dalam konsep, namun pemerintah kan tidak secara bersamaan langsung (meningkatkan tipe), tetapi akan dilakukan secara bertahap,” lanjutnya.

Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan kerja perdana Pangkoopsau III Marsekal Muda TNI Tamsil Gustari Malik ke Pangkalan Udara El Tari Kupang sejak dilantik. Rombongan terdiri dari Pangkoopsau III, Ir Koopsau III, Asren Koopsau III, Asperskas Koopsau III, Askomlek Kas Koopsau III serta Kaku Koopsau III.

Selain itu juga bersama rombongan, ketua dan pengurus PIA Ardhya Garini Daerah III Kopsau III.

Kunjungan hari pertama dari dua hari kunjungan yang direncanakan, Pangkoopsau III bersama rombongan melakukan peninjauan faslitas Lanud El Tari Kupang mulai dari lapangan tembak, gudang senjata, shelter baru, shelter lama, dapur dan komplek Lanud. Namum, sebelum itu Pangkoopsau dan rombongan mendengarkan paparan komando internal dari Danlanud El Tari Kupang.

Selain meninjau fasilitas Lanud El Tari, Pangkoopsau III juga akan melakukan pertemuan dan courtesy call dengan Gubernur NTT, menembak di lapangan Tembak Seroja, meninjau renovasi bangunan dan asset serta mengunjungi SMP Angkasa dan melaksanakan kegiatan penanaman pohon.

  Pos Kupang  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...