Kamis, 20 September 2018

[Dunia] JS Kaga di Jakarta

Kapal Pengangkut Helikopter Milik JepangKapal Perang JS KAGA DDH-184 asal Jepang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (18/9/2018). Sebanyak tiga unit kapal perang milik Angkatan Laut Jepang (JS Kaga, JS Inazuma, dan JS Suzutsuki) singgah di perairan Teluk Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Priok hingga Sabtu (22/9/2018) mendatang dan dalam misi untuk mengikuti latihan bersama sejumlah angkatan laut beberapa negara Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. (detik)

JS Kaga merupakan salah satu dari tiga kapal perang milik Angkatan Laut Jepang yang berada di Jakarta pada Selasa (18/9/2018) hingga Sabtu (22/9/2018) mendatang.

Berbeda dengan JS Inazuma dan JS Suzutsuki yang bertipe kapal perusak, JS Kaga merupakan kapal berjenis pengangkut, khususnya mengangkut helikopter.

Komandan Escort Flotilla 4 Jepang Laksamana Pertama Tatsuya Fukuda mengatakan, JS Kaga kerap digunakan AL Jepang untuk menangani bencana alam.

"JS Kaga memiliki fasilitas medis yang memadai. Selain itu ada kapasitas untuk helikopter beroperasi sehingga dapat digunakan dalam kegiatan bantuan kemanusiaan dan mitigasi bencana alam," kata Fukuda di JS Kaga, Selasa (18/9/2018).

Berdasarkan pantauan Kompas.com di JS Kaga, memang terdapat banyak helikopter diparkir di sana. Helikopter-helikopter itu pun bukan helikopter perang melainkan helikopter yang digunakan untuk pertolongan saat terjadi bencana.

Fukuda mengatakan, JS Kaga akan dijadikan tempat latihan bersama TNI AL dan AL Jepang dalam hal penanganan dan mitigasi bencana alam. "Saya berharap kerja sama kami meningkat dalam hal misi hantuan kemanusiaan dan mitigasi bencana alam lewat pertukaran para anggota kita," ujar Fukuda.

JS Kaga mempunyai berat toal sebesar 19.500 ton dan berdimensi 248 x 38 x 23,5 x 7,1 meter. Adapun nama JS Kaga diambil dari nama sebuah provinsi di Jepang, Kaga.

Kapal bernomor lambung 184 merupakan kapal pabrikan Jepang yang dibangun di Yokohama dan diluncurkan pada Maret 2017 silam.

Diberitakan sebelumnya, tiga unit kapal perang Jepang tengah berada di Jakarta untuk mengikuti latihan bersama TNI AL.

Kapal-kapal itu akan mengelilingi sejumlah negara Asia Pasifik dan mengadaman latihan bersama Angkatan Laut masing-masing negara.

   Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...