Selasa, 30 Oktober 2018

TNI Bantu Papua New Guinea Defence Force

Hibah 562 catridges kaliber 75 mm Saluting Gun10 Personel TNI yang terdiri dari 7 personel Batalyon Armed-7/105 GS Kodam Jaya di bawah pimpinan Kapten Arm I Nengah Jaya Swadhyana selaku Komandan Baterai, 1 Personel Pusdikarmed, 1 personel Bengpuspal Ditpalad dan 1 personel Gupusmu III Ditpalad melaksanakan pemeriksaan materiil senjata meriam berkaliber 75 mm Saluting Gun di Taurama Barracks, Papua Nugini, Jumat (26/10/2018).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang diwakili oleh Direktur D Bais TNI Marsma TNI Suryo Margono, S.E., menyerahkan hibah amunisi kaliber 75 mm Saluting Gun kepada Chief Of Staff Papua New Guinea Defence Force (PNGDF) Captain (N) Philips Polewara dalam rangka menyukseskan pelaksanaan APEC, bertempat di Bandara Internasional Port Moresby, Papua New Guinea, Rabu (24/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menyampaikan bahwa PNG sebagai salah satu tetangga terdekat berbatasan langsung dengan Papua wilayah bagian timur Indonesia, dan kedua negara telah memiliki kesepakatan keamanan perbatasan dengan tidak melibatkan negara lain.

Selanjutnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan bahwa TNI memiliki komitmen untuk memberikan dukungan dalam rangka pelaksanaan APEC.

Hibah 562 catridges kaliber 75 mm akan digunakan dalam pelaksanaan APEC, sebagai salah satu komitmen TNI untuk mendukung PNGDF dalam pertemuan pemimpin APEC 2018 dan meningkatkan hubungan kerja sama antara TNI-PNGDF dalam kontribusi perdamaian dan stabilitas keamanan”, kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Indonesia untuk PNG Ronald J.P. Manik mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mendukung pemerintah PNG menjadi tuan rumah APEC 2018 sebagaimana tercermin dalam pertemuan APEC di Bali 2013.

Lebih lanjut Dubes LBBP Indonesia untuk PNG Ronald J.P. Manik menyampaikan bahwa hubungan baik antara kedua negara berlangsung selama bertahun-tahun dan berkembang di bawah bimbingan kesepakatan saling menghargai, persahabatan dan kerja sama yang ditandatangani pada tahun 1986.

Turut hadir dalam acara tersebut Chief of Staf Logistic PNGDF Colonel Benoma Siria, Deputy Secretary Department of Defence Mr. Simon Tunapai, Athan RI untuk PNG Kolonel Inf Anggara Sitompul dan Athan PNG untuk Indonesia Kolonel Dominique Bulungol.

  TNI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...