Kamis, 01 November 2018

LEN Perkenalkan Produk Karya Anak Bangsa

LenSTRAD-M5, LenHDR20-M dan Len Dynatron LenSTRAD-M5 (indomiliter)

PT Len Industri (Persero) telah mengenalkan produk terbarunya kepada masyarakat. Setidaknya ada lima produk yang diluncurkan hari ini langsung oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno.

Direktur Utama PT Len Industri Zakky Gamal Yasin mengatakan lima produk baru tersebut merupakan murni karya anak bangsa. Meski demikian, kualitas produk baru ini diklaim cukup canggih.

"Ini dalam rangka membangun kemandirian teknologi dan turut menjaga kedaulatan negara, dengan produk-produk pertahanan, transportasi dan ICT (Information & Communication Technology)," kata Zakky di kantornya, Bandung, Rabu (31/10/2018).

Lalu apa saja produk terbaru PT Len Industri itu? Berikut daftar dan keunggulannya :

 LenSTRAD-M5 

LenSTRAD singkatan dari Len Software Tactical Radio. Merupakan implementasi dari Software Defined Radio (SDR) yang digunakan untuk radio taktis. M5 singkatan dari Multiband dengan maksimum daya 5 Watt.

Berbentuk Handheld dan digunakan untuk kebutuhan komunikasi dalam kota yang membutuhkan komunikasi data antar personel. Radio ini dapat diintegrasikan dengan Battlefield Management System (BMS).

Dilengkapi dengan Keamanan Transmisi (Transmission security/Transec) dan Keamanan Komunikasi (Communication Security/Comsec).

LenSRAD-M5 adalah radio transceiver Handheld yang bekerja pada frekuensi VUHF 30 MHz sampai 512 MHz. Karena lebarnya range frekuensi kerja ini, radio ini dikatakan sebagai radio multiband.

Band frekuensi yang tercakup pada radio ini adalah VHF low band 30-108, GTA 118-137, VHF High band 140-300, serta UHF 300-512 MHz.

Dilengkapi dengan antenna whip 38 cm dan antenna whip 84cm. Juga dilengkapi dengan baterai Rechargable Lithium-Ion 14.4V. Preset channel yang dapat disimpan sebanyak 1300 channel.

Radio ini menggunakan platform SDR (Software Defined Radio). Platform ini memiliki fleksibilitas cukup baik untuk pengembangan waveform. Waveform adalah bentuk gelombang digital yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang kaitannya erat dengan komunikasi data.

 LenHDR20-M 
HDR20MPLen HDR20-M adalah suatu radio transceiver Manpack yang bekerja pada frekuensi HF : 2 - 30 MHz.

LenHDR merupakan singkatan dari Len HF Digital Radio. 20 merupakan angka dari maksimum power RF yang dapat dipancarkan sebesar 20 Watt. M merupakan singkatan dari Manpack.

Digunakan pada komunikasi jarak jauh karena karakter frekuensi yang dapat memantul pada ionosfer.

Terdapat fitur ALE (Automatic Link Establishment) yang membantu mencari frekuensi terbaik untuk berkomunikasi. ALE ini sangat berguna untuk komunikasi dengan jarak yang cukup jauh (puluhan sampai ratusan kilometer).

Dilengkapi dengan ATU (Automatic Tuning Unit) internal untuk digunakan pada antenna 1.5m, 3m, dan 6. ATU membantu mengoptimalkan daya pancar dan sensitivitas penerimaan.

Dilengkapi dengan Keamanan Transmisi (Transmission security/Transec) dan Keamanan Komunikasi (Communication Security/Comsec).

Radio ini menggunakan platform SDR (Software Defined Radio). Platform ini memiliki fleksibilitas cukup baik untuk pengembangan waveform. Waveform adalah bentuk gelombang digital yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang kaitannya erat dengan komunikasi data.

Mode modulasi yang digunakan yaitu AM (Amplitude Modulaton), SSB (Single Side Band), dan CW (Continuous Wave)

Dilengkapi dengan GPS internal, sehingga radio ini dapat digunakan untuk menentukan lokasi pada peta.

 Len Dynatron 
Menteri BUMN Rini Soemarno saksikan peluncuran produk PT Len IndustriElectric Buggy

Sistem Traksi Elektrik ialah sistem pengendali dan penggerak wahana/kendaraan yang bertujuan untuk menarik atau mendorong menggunakan daya listrik.

PT Len industri termasuk pionir di bidang sistem traksi elektrik nasional.

PT Len Industri mengembangkan sistem traksi elektrik karena ada kebutuhan pasar di perkeretaapian dan pasar yang baru mulai muncul di EV (Electric Vehicle).

Sistem traksi elektrik yang dikembangkan PT Len Industri bisa diimplementasikan antara lain di Lokomotif, LRT, Electric Buggy, Electric Bus, Sepeda motor listrik.

Cakupan Sistem Traksi Elektrik pada Len Dynatron adalah: Main Inverter, Battery Pack (Battery Management System), DC-DC Converter, Electronic Control Unit.

  ☠ Liputan 6  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...