Jumat, 02 November 2018

Uji Fungsi Rancang Bangun Sistem Persenjataan Sentry Gun

Pada Kendaraan TempurBalitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Iptekhan melaksanakan uji fungsi rancang bangun sistem persenjataan sentry gun pada ranpur di PT. Prafir Jaya Abadi Jl. Ciganitri Pertanian No. 90 Lengkong, Bojongsoang Bandung.

Uji fungsi rancang bangun sistem persenjataan sentry gun pada ranpur disaksikan oleh Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.T., M.Si (Han), Kabid Dager Puslitbang Iptekhan Kolonel Chb Achmad Agung Santoso, S.E., M.Sc., Kabid Dapur Puslitbang Iptekhan Kolonel Tek Ir. Oki Yanuar, Kabid Bekomlek Puslitbang Iptekhan Kolonel Tek Hevry Yanto, para pejabat di lingkungan TNI dan Kemhan, dan tim uji fungsi dari PT. Prafir Jaya Abadi serta personel yang terkait.

Kegiatan diawali sambutan pertama oleh Bapak Adryan Julizar Pratama dari PT. Prafir Jaya Abadi, kemudian sambutan kedua oleh Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.T., M.Si (Han), pembacaan doa, dilanjutkan uji fungsi sistem persenjataan sentry gun pada ranpur dari tim PT. Prafir Jaya Abadi dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji fungsi sistem persenjataan sentry gun pada ranpur.

Pelaksanaan uji fungsi sistem persenjataan sentry gun pada ranpur ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Prafir Jaya Abadi yang telah melaksanakan uji fungsi rancang bangun sistem persenjataan sentry gun pada ranpur yang ke-2.

Dalam pelaksanaannya, sistem persenjataan sentry gun merupakan senjata yang secara otomatis melakukan pengamatan dan analisa terhadap keberadaan target (musuh/penyusup) serta melakukan dan memutuskan sendiri proses pembidikan dan penembakan terhadap sasaran/target.

Sistem persenjataan sentry gun ini adalah buatan dan dikembangkan di dalam negeri yang merupakan inovasi dan kemandirian industri pertahanan nasional.

Perlu diketahui bahwa sistem persenjataan sentry gun dirancang dapat dioperasikan secara otomatis dan secara manual. Dengan pemilihan mode otomatis, senjata ini akan membidik dan menembak sasaran yang diinginkan (musuh, penyusup, dll) apabila terdeteksi oleh sensor kamera. Sensor kamera akan mendeteksi dan mengikuti pergerakan target hingga akhirnya target tersebut dilumpuhkan (ditembak).

Konsep produk yang dibuat, product breakdown structure, perancangan komponen yang akan dibutuhkan, analisa kekuatan produk, perancangan sub assembly dan perancangan bill of material.

Pelaksanaan kegiatan rancang bangun sistem persenjataan sentry gun pada ranpur memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan memerlukan waktu yang relatif cukup lama dalam mewujudkan kemampuan sistem ditinjau dari proses pemrograman computer vision dan interface antara sensor optic dan system controller secara keseluruhan agar berfungsi secara maksimal dalam hal pengoperasian fungsi DRI: Detection, Recognation, Identification (Deteksi, Mengenal dan Identifikasi Objek/Target), sehingga dalam penyelesaian pembuatan model sudah dapat mencapai tahap fungsi deteksi dan mengenal objek melalui peralatan joystick (mode semi otomatis) dan diharapkan tetap dapat dilanjutkan hingga fungsi pengoperasian otomatis.
 

  Kemhan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...