Jumat, 11 Januari 2019

KAL Limboto I-8-33 Dan KAL Wayabula I-14-12 Resmi Masuk Jajaran TNI AL

Produksi PT Tesco Indomaritim https://3.bp.blogspot.com/-_652CemPAD4/XDi1Fm5Z80I/AAAAAAAALvg/wN8kXfiwcs4b44S_UZco7p7EAuazBDU4wCLcBGAs/s1600/KAL%2BLimboto%2BI-8-33%2BDan%2BKAL%2BWayabula%2BI-14-12%2BResmi%2BMasuk%2BJajaran%2BTNI%2BAL.jpgDua Kapal Angkatan Laut Produksi Dalam Negeri

TNI Angkatan Laut menambah kekuatan dengan diterimanya dua Kapal Angkatan Laut (KAL) 20 Meter yang diserahkan Direktur PT. Tesco Indomaritim Jamin Basuki kepada Kadismatal Laksamana Pertama TNI Kasih Prihantoro S.E., M.M,. Untuk selanjutnya kapal diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal, Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P., dan kemudian diserahkan kepada pengguna KAL yakni Komandan Lanal Gorontalo Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr. (Hanla) dan Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr. (Hanla) di Pantai Mutiara Indah, Jakarta Utara, Kamis, (10/1/19).

Dua KAL produksi dalam negeri itu memiliki spesifikasi panjang 28 meter, lebar 6.20 meter dan mampu mengangkut 15 ABK. Kapal ini dilengkapi dengan satu buah senjata mitraliur 20 mm berada di haluan dan dua buah senjata 12,7 mm di buritan. Kapal berbahan pelat aluminium alloy 5083-H116 dan aluminium alloy 6061.

Dalam amanatnya Aslog Kasal menyampaikan, bahwa penyerahan dua unit KAL 28 M dengan nama KAL Limboto dan KAL Wayabula, kepada Lanal Gorontalo dan Lanal Morotai dengan tujuan KAL yang diserahkan tersebut dapat dipergunakan untuk menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas di wilayah kerja Lanal Gorontalo dan Lanal Morotai.

Pengadaan KAL 28 M tersebut telah melalui mekanisme dan kriteria pembangunan kapal secara komprehensif mulai dari tahap desain hingga pembangunan serta diawasi oleh satgas dan biro klasifikasi rina dari Italia, sehingga diharapkan dapat memenuhi tingkat readiness dan sustainability yang memadai”, kata Aslog Kasal.

Dalam kesmpatan ini Aslog Kasal mengatakan, pengadaan KAL ini merupakan bagian dari Rencana Strategi (Renstra) TNI Angkatan Laut dalam upaya mewujudkan kekuatan pokok minimum TNI Angkatan Laut Tahun 2010 sampai dengan 2024.

Kami berharap kepada satuan penerima dan bintek terkait agar terus memonitor kondisi teknis KAL Limboto I-8-33 dan KAL Wayabula I-12-14, berkaitan dengan jaminan pemeliharaan yang diberikan oleh PT. Tesco Indo Maritim sebagai perusahaan pembuat, sehingga diharapkan KAL 28 M dapat dioperasikan secara maksimal,” harapnya.

Seusai acara serah terima KAL, Aslog Kasal meresmikan KAL Limboto I-8-33 dan KAL Wayabula I-14-12 resmi masuk jajaran TNI AL sertta sekaligus melantik Kapten Laut (P) Junaidi sebagai komandan KAL Wayabula dan Kapten Laut (P) Timbul Narkoto sebagai komandan KAL Limboto.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Waasops Kasal, Kadismatal, Kadissenlekal, Danlantamal VIII dan Danlantamal XIV, serta pejabat TNI ALterkait.@Wn

  Siaga Indonesia  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...