Sabtu, 22 Juni 2019

PAL Tawarkan New Strategic Sealift Vessel

Di Philmarine 2019, Manila New SSV pada pameran Philmarine 2019 [defence.pk]

K
eberadaan PT PAL Indonesia (Persero) dalam mendukung pemenuhan dan pengembangan industri maritim, selama lebih dari 39 tahun menunjukkan kesiapan matang dalam menjadi pemeran pasar nasional dan global. Komitmen PT PAL Indonesia (Persero) dibuktikan dengan adanya success story PT PAL Indonesia (Persero) dalam menyerahkan lebih dari 45 unit kapal ekspor kepada pasar internasional baik produk kapal niaga maupun kapal perang, seperti salah satunya ekspor Kapal Perang berjenis Strategic Sealift Vessel (SSV) 123 meter pesanan Kementerian Pertahanan Filipina.

Dalam memperluas pasar internasional, khususnya di wilayah Asia Tenggara. PT PAL Indonesia (Persero) berperan aktif dalam pameran sekaligus konverensi di bidang industri pertahanan dan energi di Filipina, melalui program Philippines Marine Expo (Philmarine) 2019 yang diselenggarakan oleh Philippines Maritime Industry Authority.

New SSV PAL kepada Philippines Navy [rhk111]

Philmarine 2019 merupakan pameran internasional di bidang maritim, pembangunan kapal, teknologi minyak dan gas, industri berat serta industri penunjang. Diadakan dari Tanggal 18 – 20 Juni 2019 bertempat di SMX Convention Center Manila, Mall of Asia Complex, Pasay City, Philippines. Pembukaan acara Philmarine 2019 dihadiri langsung oleh The Deputy of Chief Staff, Armed Forces of The Philippines Vice Admiral Narcisco A. Vingston Jr.

Pada acara Philmarine 2019, PT PAL Indonesia (Persero) menampilkan beberapa produk unggulannya seperti New Version of Strategic Sealif Vessel, Landing Platform Dock, Offshore Platform Vessel, Kapal Selam Diesel Elektrik U209/1400 serta Barge Mounted Power Plant (BMPP). Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) yang turut hadir di dalam Philmarine 2019 pada kesempatan pertama menyampaikan bahwa momentum tersebut harus dijadikan sebagai sarana memperkuat posisi PT PAL Indonesia (Persero) dalam memperluas pasar serta menunjukkan eksistensi PT PAL Indonesia (Persero) dalam penguasaan teknologi kapal perang di kancah internasional.

OPV PAL kepada Philippines Navy [rhk111]

Komunikasi dan kerjasama yang kuat antara PT PAL Indonesia (Persero) dalam mendukung program modernisasi alat utama persenjataan Filipina sudah terbangun sejak adanya pembangunan kapal perang berjenis Strategic Sealift Vessel (SSV); BRP Tarlac LD-601 yang telah diserahkan pada tahun 2016 dan BRP Davao Del Sur LD-602 yang telah diserahkan pada tahun 2017 dan menjadi Hak Kekayaan Intelektual yang terdaftar di Indonesia atas nama PT PAL Indonesia (Persero).

Dalam acara pameran kali ini PT PAL Indoneisa (Persero) menunjukkan salah satu inovasi produk unggulannya, dan menjadi bukti kesiapan PT PAL Indonesia (Persero) untuk selalu hadir mendukung program modernisasi system persenjataan dan alat pertahanan Pemerintah Filipina khususnya di Kementerian Pertahanan Filipina.

Kapal selam Nagapasa class [rhk111]

Landing Dock (LD) yang merupakan pengembangan dari produk sebelumnya Strategic Sealift Vessel (SSV) memiliki fungsi azasi sama yaitu, Militer dan Non-Militer; Operasi Militer di laut, Logistik serta sebagai Kapal Angkut.

Selain itu, kapal ini mampu membawa Tank dengan kapasitas 40 ton, serta memiliki landasan pendaratan yang dapat mengangkut 2 Helikopter di landasan dan 1 Helikopter di Hangar dengan kapasitas ukuran Helikopter 10 Ton. 4 kapal support; 2 jenis Kapal Pengangkut Pasukan Batalyon (LCU) yang berfungsi untuk mendaratkan prajurit saat melakukan operasi militer ke darat dan 2 kapal pengangkut pasukan patroli militer (RHIB) untuk misi patroli pengintaian di perairan.

Kemampuan lain dari kapal adalah dilengkapi dengan fasilitas support medis ini mampu menjalankan operasi kemanusian (non-militer) yang diemban. Adapun salah satu pengembangan teknis teknologi rancang bangun pada Landing Dock (LD) yang tidak ditemui di Strategic Sealift Vessel (SSV) adalah Provision Armament/persenjataan pada buritan kapal tepat di sisi port & straboard.

Produk unggulan tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan Alutsista Pemerintah Filipina serta meningkatkan kepercayaan diri dan profesionalisme Angkatan Laut Flipina di mata dunia.

  ★ PAL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...