Jumat, 17 Februari 2023

[Global] MBT Korea Utara Muncul pada Parade Militer Februari 2023

MBT Korea Utara pada parade militer 2023 [istimewa] ♞

U
ntuk kedua kalinya, Korea Utara menghadirkan tank tempur utama (MBT) generasi terbarunya dalam parade militer yang digelar pada 9 Februari 2023 lalu.

Sebelumnya, tank tersebut pertama kali diperkenalkan kepada publik pada Oktober 2020 dalam parade militer peringatan 75 tahun berdirinya WPK (Partai Buruh Korea).

Tank yang belum diketahui nama dan kodenya ini, memiliki desain turret yang mirip dengan M1A2 Abrams Amerika Serikat. Sementara desain lambungnya tampak seperti tank buatan era Uni Soviet, tulis Army Recognition (10/2).

Tank ini memiliki tiga awak termasuk seorang pengemudi yang duduk di bagian tengah depan lambung, sementara komandan dan penembak berada di bagian turret.

Lambungnya telah dilengkapi dengan ERA (Explosive Reactive Armor) di bagian depan dan samping.

Bagian belakang turret dan hull dilengkapi dengan pelat armor untuk meningkatkan perlindungan terhadap tembakan RPG (Rocket-Propelled Grenades).

Di setiap sisi di bagian depan dan samping turret, terdapat tiga tabung peluncur yang bisa menjadi bagian dari Sistem Perlindungan Aktif (APS).

Ada juga dua perangkat yang dipasang di sisi turret yang bisa menjadi radar penerima alarm laser, bagian dari APS.

Persenjataan utamanya sangat mirip dengan kanon kaliber 125 mm buatan era Uni Soviet yang bisa jadi merupakan turunan dari kanon smoothbore 2A46.

Tank mampu menembakkan munisi Armor-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot (APFSDS), Anti-Tank Berdaya Peledak Tinggi (HEAT) dan proyektil High-Explosive Fragmentation (HEF).

Persenjataan sekundernya berupa satu senapan mesin koaksial 7,62 mm yang dipasang di sebelah kiri persenjataan utama.

Tampak juga stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh (RCWS) dipasang di bagian depan palka yang terletak di sisi kiri atap turret yang dipersenjatai dengan peluncur granat otomatis 30 mm.

Sisi kanan turret dilengkapi dengan dua peluncur yang mampu menembakkan peluru kendali anti-tank yang diyakini pengamat sebagai peluru kendali Bulsae-3, tiruan dari peluru kendali anti-tank Kornet buatan Rusia. -RBS-

 
Airspace Review  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...