Selasa, 25 April 2023

[Global] Serangan Balik Gagal

Ukraina Bakal Kehilangan Dukungan BaratMedia AS, New York Times, memprediksi Ukraina berisiko kehilangan dukungan dari Barat jika serangan balik mereka gagal. (Foto/Ilustrasi)

Ukraina jauh dari jaminan untuk berhasil dalam serangan balasan terhadap Rusia meskipun menerima senjata Barat, pelatihan, dan dukungan intelijen. Hasil yang mengecewakan kemungkinan akan mendorong para pendukung Kiev untuk menekannya agar bernegosiasi demi perdamaian.

Begitu prediksi media yang berbasis di Amerika Serikat (AS), New York Times (NYT).

Kiev telah lama menggembar-gemborkan dorongan yang akan datang sebagai fase menentukan berikutnya dari konflik dengan Rusia. NYT mengklaim bahwa serangan itu dapat diluncurkan pada awal Mei, meskipun Perdana Menteri Ukraina Denis Shmigal baru-baru ini menilai bahwa serangan itu mungkin tidak akan dilakukan sampai musim panas.

Menurut dokumen rahasia yang dibagikan sebagai bagian dari kebocoran Pentagon, Ukraina berencana untuk menggunakan 12 brigade tempur yang masing-masing terdiri dari sekitar 4.000 tentara dalam kampanye terbarunya melawan pasukan Rusia. AS dan sekutunya telah membantu melatih sembilan unit tersebut, dengan para tentara diajari untuk menggunakan peralatan yang disediakan Barat dan menerima nasihat taktis di fasilitas militer Amerika di Jerman. Mitra Ukraina juga diharapkan memberikan intelijen untuk serangan yang diusulkan.

Semuanya bergantung pada serangan balasan ini,” kata Alexander Vershbow, mantan duta besar AS untuk Rusia dan pejabat senior NATO, tentang operasi di masa depan.

Semua orang berharap, mungkin terlalu optimis. Tapi itu akan menentukan apakah akan ada hasil yang layak bagi Ukraina,” imbuhnya seperti dikutip dari RT, Selasa (25/4/2023).

Kiev telah mengesampingkan negosiasi dengan Moskow sampai merebut kembali semua wilayah yang diklaimnya sebagai miliknya. Namun, bahkan dengan semua bantuan Barat, keuntungan besar tidak dijamin, atau bahkan mungkin, NYT memperingatkan.

Surat kabar itu mengutip kekalahan Ukraina di medan perang, pengeluaran amunisi yang besar, dan pasukan Rusia menggali serta mencegah musuh menggunakan perang yang diajarkan Barat sebagai upaya melawan Kiev.

"Setelah desakan selesai, ada sedikit kemungkinan bahwa Barat dapat menciptakan kembali penumpukan untuk masa mendatang," bantah laporan itu.

AS dan sekutunya sebagian besar telah kehabisan persediaan militer mereka setelah membanjiri Kiev dengan bantuan militer, menyebabkan celah yang tidak mungkin terisi hingga tahun depan, penilaian para ahli.

Sementara itu, Rusia meningkatkan tekanan terhadap Ukraina meskipun mengalami kemunduran sebelumnya, yang berarti bahwa jendela untuk memperoleh keuntungan yang signifikan mungkin tidak akan tetap terbuka tanpa batas waktu, kata NYT.

Diakuinya, dengan cadangan yang lebih besar, Moskow dapat muncul sebagai pemenang dalam konflik tersebut.

Politico sebelumnya melaporkan bahwa Gedung Putih bersiap untuk mengurangi dampak dari serangan balasan Ukraina yang berpotensi dilaksanakan dengan buruk. Gencatan senjata sementara dapat memberi Kiev waktu untuk membangun militer sebelum serangan lain di kemudian hari, pejabat AS mengklaim ke outlet tersebut.

 Rusia Ancam Gunakan Senjata Nuklir  Rusia ancam akan menjadi pihak pertama yang menggunakan senjata nuklir jika musuh melakukan agresi. (Foto/Ilustrasi)

Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvedev mengatakan, Moskow dapat menggunakan senjata nuklir terlebih dahulu jika terjadi agresi terhadapnya atau sekutunya.

"Lawan tidak boleh meremehkan tekad Rusia," kata Medvedev, yang juga menjabat sebagai presiden Rusia antara 2008 dan 2012, seperti dikutip dari Anadolu, Selasa (25/4/2023).

Hal itu diungkapkannya selama maraton pendidikan di Moskow yang disebut "Pengetahuan", sebuah platform untuk diskusi terbuka antara kaum muda dan perwakilan pemerintah.

Ketika ditanya tentang perubahan iklim, Medvedev menjawab: "Apakah Anda benar-benar peduli dengan iklim sedemikian rupa? Menurut pendapat saya, ini tidak seberapa dibandingkan dengan prospek berada di episentrum ledakan dengan suhu 5.000 Kelvin."

"Apakah ada prospek seperti itu hari ini? (Sayangnya,) ya. Dan itu berkembang setiap hari karena alasan yang sudah diketahui," katanya.

Medvedev percaya dunia modern sedang "sakit" dan perang dunia mungkin saja terjadi, tetapi masih bisa dihindari. (ian)

  💂 sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...