Sabtu, 29 April 2023

[Global] Thailand Terima LPD Terbesar di Asia Tenggara dari China

⚓️ HTMS Chang LPD 792 [AAG Thai Defense]

Galangan kapal China Hudong-Zhonghua Shipbuilding Group (HZS) telah menyerahkan kapal LPD (Landing Platform Dock) Type 071 buatannya kepada Angkatan Laut Kerajaan Thailand (RTN).

Upacara penyerahan diadakan dari Fasilitas HZS di Shanghai pada 17 April 2023 dihadiri pejabat RTN dan Kementerian Pertahanan Thailand, serta pejabat pemerintah dan galangan kapal China.

Pembangunan LPD untuk Thailand ini dianggap sebagai tonggak sejarah baru bagi China, karena menjadi kapal LPD Type 071 pertama yang dibuat untuk diekspor.

Kapal yang diberi nama HTMS Chang (LPD-792) ini akan digunakan RTN untuk operasi perang amfibi, penyelamatan maritim, dan juga tanggap bencana.

Sejauh ini, HTMS Chang akan menjadi LPD kedua yang beroperasi dengan RTN setelah LPD HTMS Angthong (LPD-791) kelas Endurance buatan Singapura.

Dilansir APDJ (20/4), kapal HTMS Chang merupakan hasil kesepakatan senilai 200 juta dolar antara Thailand dan China yang ditandatangani pada September 2019.

HTMS Chang telah berangkat berlayar ke Thailand pada 18 April 2023, dan direncanakan tiba pada 25 April 2023 di Pangkalan Angkatan Laut Sattahip di Provinsi Chonburi.

Untuk spesifikasinya, HTMS Chang memiliki panjang sekitar 213 m dan lebar 28 m, serta boboti perpindahan muatan penuh sekitar 20.000 ton.

Kecepatan maksimumnya 25 knot, dan dirancang untuk membawa sekitar 600 tentara termasuk peralatan yang sesuai.

Kapal ini juga memiliki geladak yang mampu menampung dua kapal pendarat berbantalan udara (LCAC) Type 726/726A.

Juga tersedia dua hanggar dan dek penerbangan untuk mengakomodasi helikopter angkut seperti SH-60B Seahawk serta UAV seperti Camcopter S-100.

HTMS Chang akan menjadi kapal terbesar di armada RTN, bahkan lebih besar dari kapal induk kecilnya HTMS Chakri Naruebet (CVH-911) yang memiliki panjang 183 m dan juga merupakan kapal perang terbesar Asia Tenggara. -RBS-

 ⚓️  Airspace Review  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...