Minggu, 17 Desember 2023

[Global] Singapura Bakal Upgrade 6 Kapal Fregat Kelas Formidable

Target Kelar Tahun 2028Ilustrasi kapal fregat formidable Singapura dengan target upgrade hingga 2028. (Defence Security Asia)

Angkatan Laut Singapura (RSN) secara resmi mengumumkan rencana upgrade enam unit kapal fregat kelas Formidable miliknya.

Rencana upgrade enam unit kapal fregat untuk kelas Formidable milik Singapura tersebut memperoleh kepastian setelah adanya kontrak antara ST Marine Engineering Ltd dengan Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) untuk menyelesaikan proyek Mid-Life Upgrade (MLU).

Proses upgrade untuk memperpanjang umur kapal fregat kelas Formidable Singapura ini diprediksi akan selesai pada tahun 2028.

"Kontrak ini merupakan bukti keahlian angkatan laut kami, yang menunjukkan kompetensi kami dalam memperpanjang umur operasional Fregat kelas Formidable," kata Presiden Kelautan ST Marine Engineering Ltd Tan Leong Peng sebagaimana dikutip ZONAJAKARTA.com dari laman stengg.com pada Kamis, 14 Desember 2023.

Tan Leong Peng menegaskan bahwa proses upgrade kapal fregat Formidable yang dilakukan ST Marine Engineering Ltd selaku produsen merupakan komitmen terhadap kemajuan militer angkatan laut Singapura.

"Kami berkomitmen untuk mendukung MINDEF dalam memastikan keberlangsungan efektivitas misi dari kemampuan penting ini," ujarnya.

Singapura saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan mereka, termasuk dengan meremajakan alutsista yang ada.

Untuk itulah, ST Marine Engineering Ltd akan berupaya menuntaskan upgrade kapal fregate Formidable sebagai aset emas perusahaan hingga target penyelesaian yang ditetapkan yakni pada 2028.

Sehingga dengan diperpanjangnya umur operasional, kapal fregat ini dapat bekerja secara efektif dalam menjalankan misi penting sekaligus efisien dari segi biaya.

"Peningkatan ini sangat penting untuk memastikan efektivitas fregat ini, sehingga meningkatkan pertahanan dan keamanan Singapura," katanya.

Lebih lanjut, ST Marine Engineering Ltd akan melaksanakan upgrade kapal fregat kelas Formidable untuk RSN ini dengan sistem kelautan dan kelistrikan yang mumpuni.

"ST Engineering akan melaksanakan aspek desain dan rekayasa sistem kelautan dan kelistrikan fregat yang terlibat, termasuk Sistem Manajemen Kapal dan Sistem Pembangkit Listrik," tuturnya melalui laman Defence Security Asia pada Minggu, 17 Desember 2023.

Singapura diketahui telah mengoperasikan kapal fregat kelas Formidable sejak rentang tahun 2008-2009.

Konstruksi awal enam kapal fregat kelas Formidable Singapura dilaksanakan dengan menggandeng Naval Group dari Prancis.

Untuk unit kapal pertama sendiri dibangun di Prancis, sedangkan proses konstruksi lima unit berikutnya dikerjakan di Singapura dengan adanya kerja sama transfer of technology antara ST Marine Engineering Ltd dengan Naval Group.

Kapal sepanjang 114 meter ini diketahui mampu menampung muatan persenjataan hingga 3.200 ton.

Agar pencarian dan navigasi dapat dilakukan pengguna kapal dengan mudah, kapal fregat Formidable milik Singapura ini dilengkapi dengan sistem komunikasi dan elektronik canggih dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tinggi.

Spare part dari sistem komunikasi dan elektronik tersebut sebagian besar dipasok oleh perusahaan lokal, Badan Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTA), dan Singapore Technologies Electronics.

Pada sistem komunikasi dan elektronik dalam kapal fregat ini terdapat radar multi-fungsi "Herakles" yang dipasok Thales dan radar "Terma Scanter 2001".

Selain itu, kapal ini juga dilengkapi engan peluru kendali anti kapal Harpoon dengan hulu ledak 227 kg yang mampu menyasar target hingga 130 km.

Tersedia pula 32 peluru kendali Aster 15 untuk keperluan pertahanan udara yang mampu melindungi kapal dari serangan peluru kendali hingga jarak 15 km.

Bahkan, komponen senjata ini mampu melindungi kapal dari serangan pesawat atau drone hingga mencapai 30 km.

Tak cukup sampai di situ, kapal fregat kelas Formidable milik Singapura juga dilengkapi dengan meriam berukuran 76mm dengan kemampuan sasaran tembak hingga 16 km.

Helikopter Sikorsky S-70 juga turut menunjang kemampuan kapal fregat ini apabila dibutuhkan.***
 

  Zona Jakarta  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...