Minggu, 05 Mei 2024

[Global] Jet Tempur F-16 dengan Pilot AI Sukses Bermanuver

✈️ Masa Depan Perang Akan Berubah?
Saat matahari tengah hari terik, sebuah jet tempur F-16 eksperimental berwarna oranye dan putih diluncurkan dengan suara gemuruh yang familiar dan merupakan ciri khas kekuatan udara AS. Namun pertempuran udara berikutnya tidak seperti yang lain: F-16 ini dikendalikan oleh kecerdasan buatan, bukan pilot manusia. Dan yang duduk di kursi depan adalah Menteri Angkatan Udara Frank Kendall.

AI menandai salah satu kemajuan terbesar dalam penerbangan militer sejak diperkenalkannya sistem siluman pada awal tahun 1990-an, dan Angkatan Udara telah secara agresif melakukan hal tersebut. Meskipun teknologi ini belum sepenuhnya dikembangkan, layanan ini berencana untuk menambah armada yang mendukung AI. dari 1.000 pesawat tempur tak berawak, yang pertama akan beroperasi pada tahun 2028.

Sangat tepat jika pertempuran udara tersebut terjadi di Pangkalan Angkatan Udara Edwards, sebuah fasilitas gurun yang luas tempat Chuck Yeager memecahkan kecepatan suara dan militer telah mengembangkan kemajuan dirgantaranya yang paling rahasia. Di dalam simulator rahasia dan bangunan dengan lapisan pelindung terhadap pengawasan, generasi uji coba baru sedang melatih agen AI untuk terbang dalam perang. Kendall melakukan perjalanan ke sini untuk melihat AI terbang secara real time dan membuat pernyataan publik tentang keyakinannya akan peran AI di masa depan dalam pertempuran udara.

Ada risiko keamanan jika tidak memilikinya. Pada titik ini, kita harus memilikinya,” kata Kendall dalam wawancara dengan The Associated Press setelah mendarat. AP bersama NBC diberikan izin untuk menyaksikan penerbangan rahasia tersebut dengan syarat tidak akan dilaporkan sampai selesai karena alasan keamanan operasional.

 1. Dikenal dengan Vista 
Jet tempur F-16 yang dikendalikan AI. (Foto/AP)

F-16 yang dikendalikan AI, disebut Vista, menerbangkan Kendall dalam manuver secepat kilat dengan kecepatan lebih dari 550 mil per jam yang memberikan tekanan pada tubuhnya lima kali lipat gaya gravitasi.

Pesawat tersebut hampir berhadapan dengan pesawat F-16 kedua yang dikemudikan manusia ketika kedua pesawat tersebut berpacu dalam jarak 1.000 kaki satu sama lain, berputar dan berputar untuk mencoba memaksa lawannya ke posisi rentan.

 2. AI Masih Belajar 
Di akhir penerbangan selama satu jam, Kendall keluar dari kokpit sambil tersenyum lebar. Ia berkata bahwa ia telah melihat cukup banyak hal selama penerbangannya sehingga ia memercayai AI yang masih belajar ini dengan kemampuan untuk memutuskan apakah akan meluncurkan senjata dalam perang atau tidak.

 3. Memicu Pro dan Kontra 
AS sukses menguji coba jet tempur F-16 yang dikendalikan AI. (Foto/AP)

Ada banyak penentangan terhadap gagasan itu. Pakar pengendalian senjata dan kelompok kemanusiaan sangat khawatir bahwa suatu hari nanti AI mungkin dapat secara mandiri menjatuhkan bom yang membunuh orang tanpa konsultasi lebih lanjut dengan manusia, dan mereka berupaya untuk membatasi penggunaannya.

Ada kekhawatiran yang luas dan serius mengenai penyerahan keputusan hidup dan mati kepada sensor dan perangkat lunak,” Komite Palang Merah Internasional telah memperingatkan. Senjata otonom “menimbulkan kekhawatiran dan memerlukan tanggapan politik internasional yang mendesak.

Kendall mengatakan akan selalu ada pengawasan manusia dalam sistem ketika senjata digunakan.

 4. Didorong Motif Biaya dan Strategis 
Melansir AP, peralihan militer ke pesawat berkemampuan AI didorong oleh faktor keamanan, biaya, dan kemampuan strategis. Jika AS dan Tiongkok berakhir dalam konflik, misalnya, armada pesawat tempur berawak dan mahal milik Angkatan Udara saat ini akan rentan karena kemajuan kedua belah pihak dalam peperangan elektronik, ruang angkasa, dan sistem pertahanan udara. Jumlah angkatan udara Tiongkok kini melebihi jumlah AS dan juga sedang mengumpulkan armada senjata tak berawak.

Skenario perang di masa depan membayangkan segerombolan pesawat tak berawak Amerika akan melancarkan serangan lanjutan terhadap pertahanan musuh sehingga memberi Amerika kemampuan untuk menembus wilayah udara tanpa risiko tinggi terhadap nyawa pilot. Namun pergeseran ini juga didorong oleh uang. Angkatan Udara masih terhambat oleh penundaan produksi dan pembengkakan biaya pada F-35 Joint Strike Fighter, yang diperkirakan menelan biaya USD 1,7 triliun.

Jet tak berawak yang lebih kecil dan lebih murah yang dikendalikan oleh AI adalah solusi yang tepat, kata Kendall.

 5. Diklaim Hanya Dikembangkan AS 
F-16 yang dikendalikan pilot AI sukses di ujicobaI. (Foto/AP)

Operator militer Vista mengatakan tidak ada negara lain di dunia yang memiliki jet AI seperti itu, di mana perangkat lunak tersebut terlebih dahulu mempelajari jutaan titik data dalam simulator, kemudian menguji kesimpulannya selama penerbangan sebenarnya. Data kinerja dunia nyata tersebut kemudian dimasukkan kembali ke dalam simulator tempat AI kemudian memprosesnya untuk mempelajari lebih lanjut.

China memiliki AI, namun tidak ada indikasi bahwa China telah menemukan cara untuk melakukan pengujian di luar simulator. Dan, seperti seorang perwira junior yang pertama kali mempelajari taktik, beberapa pelajaran hanya dapat dipelajari di udara, kata pilot penguji Vista.'

Sampai Anda benar-benar terbang, “itu semua hanya dugaan,” kata kepala uji coba Bill Gray. “Dan semakin lama Anda memahami hal ini, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan sebelum Anda memiliki sistem yang berguna.

Vista melakukan pertempuran udara pertama yang dikendalikan AI pada bulan September 2023, dan hanya ada sekitar dua lusin penerbangan serupa sejak saat itu. Namun program ini belajar dengan sangat cepat dari setiap keterlibatan sehingga beberapa versi AI yang diuji pada Vista sudah mengalahkan pilot manusia dalam pertempuran udara-ke-udara.

Para percontohan di pangkalan ini sadar bahwa dalam beberapa hal, mereka mungkin sedang melatih pengganti mereka atau membentuk konstruksi masa depan di mana lebih sedikit dari mereka yang dibutuhkan.

Namun mereka juga mengatakan bahwa mereka tidak ingin terbang melawan musuh yang memiliki pesawat yang dikendalikan AI jika AS juga tidak memiliki armadanya sendiri.

Kami harus terus berlari. Dan kami harus berlari cepat,” kata Kendall. (ahm)

  ✈️
Sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...