Minggu, 11 Januari 2015

[World] Jenderal Tua di Balik Hack Sony

http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/cool2-e1420718980411.jpgJenderal Kim Yong-chol berjalan di sebelah kkanan Kim Jong Il

Jenderal tua dari Korea Utara, Jenderal Kim Yong-chol menjadi sosok yang dituduh Amerika ada di balik hack sony beberapa waktu lalu. Hal itu diungkapkan Direktur Intelijen Nasional AS James Clapper pada konferensi cybersecurity. Dia secara terbuka mencurigai Kim Yong Chol berada di balik serangan itu. Ini bukan pertama kalinya bahwa Kim, seorang jenderal bintang empat yang bertanggung jawab pada Reconnaissance General Bureau (RGB) badan intelijen negara itu.

Pada bulan Agustus 2010 Presiden Barack Obama secara khusus memberi sanksi Kim Yong Chol bersama dengan tiga entitas pemerintah Korea Utara – RGB; Green Pine Associated Corporation, sebuah organisasi terkait RGB dengan proliferasi senjata; dan Office 39, yang terlibat dengan perdagangan narkotika.

Sanksi Obama datang lima bulan setelah tenggelamnya Cheonon, sebuah kapal Angkatan Laut Korea Selatan yang ditenggelamkan torpedo Korea Utara pada 26 Maret 2010. Insiden itu menewaskan 46 pelaut Korea Selatan.

Amerika dan Korea Selatan sepakat RGB, di bawah komando Kim, bertanggung jawab atas untuk menenggelamkan Cheonon. Setelah serangan itu, mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong Il mempromosikan Kim Yong Chol, bersama dengan dua pejabat militer lainnya dalam RGB, ke Komisi Pusat Militer Korea Utara.

Serangan pada Cheonon menunjukkan hawkishness Kim Yong Chol terhadap Korea Selatan, serta kesediaannya untuk melaksanakan kebijakan agresif dan sangat provokatif atas nama Pyongyang.

Segera setelah penghancuran Cheonon, pada bulan April 2010, Korea Selatan menangkap dua agen Korea Utara yang menyamar sebagai pembelot. Kim Yong Chol telah mengirimkan dua orang untuk membunuh Hwang Jang-yop, pembelot tertinggi Korea Utara sampai saat ini.

Kedua serangan terhadap Cheonon dan plot pembunuhan adalah khas kemampuan sang jenderal untuk terlibat dalam berisiko tinggi ditujukan untuk lawan Korea Utara. Kim Yong Chol adalah salah satu pejabat tinggi yang paling dipercaya di rezim saat akhir Kim Jong Il. Dia adalah yang paling agresif – serta yang paling tidak bisa ditebak.
http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/cool-e1420719021321.jpgKim Yong-chol saat masih bintang dua

Selama suksesi Kim Jong Un pada akhir 2011, Kim Yong Chol berusaha untuk mengambil hati dengan pemimpin baru. Kim Yong Chol sering tampil bersama Kim Jong Un selama kunjungan militer dan inspeksi. Upaya ini membuahkan hasil. Kim Yong Chol kemudian naik menjadi jenderal bintang empat pada tahun 2012.

Peringkat tinggi ini tidak berlangsung lama. Kim Yong Chol kembali diturunkan ke bintang dua selama perebutan kekuasaan setelah penggabungan departemen intelijen dari Partai Pekerja yang memerintah dan bagian dari Departemen Angkatan Bersenjata Rakyat ke RGB.

Penurunan pangkat ini, menurut sumber intelijen Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya yang dikutip oleh Tom Nichols, seorang profesor di US Naval War College dan rekan senior di Dewan Carnegie tentang Etika dan Urusan Internasional, menyebabkan tembak-menembak di jalan-jalan Pyongyang yang mungkin meningkat menjadi upaya pembunuhan terhadap Kim Jong Un.

Pemimpin baru dengan cepat bersekutu untuk Kim Yong Chol, yang tampaknya melawan faksi yang berusaha melakukan pembunuhan itu, dalam upaya untuk tetap berkuasa. Setelah itu, Kim Yong Chol kembali lagi dipromosikan menjadi jenderal bintang empat hingga saat ini. Kisah percobaan pembunuhan terhadap Kim Jong Un sejauh ini belum terkonfirmasi kebenerannya.

Nama Kim Yong Chol kembali mencuat ketika Amerika kemudian menyebut namanya sebagai pihak yang paling bertanggungjawab atas hack Sony Picture. Tetapi lagi-lagi AS tidak bisa berbuat apa-apa kecuali memberi sanksi dan sanksi.[Business Insider]

  ♙ Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...