Minggu, 13 Maret 2016

[Dunia] OV-10 Broncos US Navy Aktif Beroperasi Lagi

Demi Memerangi ISIS OV-10 Broncos US Navy [Nick Thomas]

US NAVY mengaktifkan kembali dua pesawat COIN OV-10 Bronco dalam mengemban operasi rahasia di sekitar Syria/Irak. Adapun lingkup operasi kedua pesawat ini adalah untuk mendukung penugasan US Special Forces di Irak, khususnya gugus tugas Expeditionary Targeting Force yang berisi kurang lebih 200 operator aktif. Mereka beroperasi di Irak untuk menyingkirkan para komandan ISIS, membebaskan sandera, dan mengumpulkan informasi intelijen yang dapat mendukung kampanye anti ISIS disana.

Kedua OV-10 Broncos tersebut melakukan tugas mereka dengan sangat baik. Setelah mengumpulkan 134 sorties dan 120 misi tempur selama 82 hari dengan persentase kesuksesan 99%.

Mereka beroperasi dari pangkalan udara di Sorta, Spanyol. Dengan kode panggilan CAMELOT 11 dan 12. Namun Kedua OV-10 bukanlah OV-10 biasa, karena mereka adalah versi OV-10G+, sejak awal 2000an, mereka masih ditingkatkan dengan upgrade tambahan yang sesuai dengan teknologi terkini, dalam bentuk upgrade mesin, sistem tempur, sensor dan avionik, sebelum mereka beroperasi kembali.Mei 2015.

Dengan tingkat kesuksesan yang tinggi, biaya operasi terbang yang sangatlah murah, yaitu US$ 1000/sorti, dibandingkan dengan A-10 Warthog yang memakan biaya US$ 100.000/sorti. Apalagi dengan F-16, f-18, bahkan F-22 Raptor yang bisa memakan biaya jutaan dollar sekali terbang. Tentunya dalam sekala unik dan terbatas, pengoperasian OV-10 Broncos ini merupakan salah satu keputusan yang sangat bijak dari pengambil keputusan di Pentagon. [mau5freak/jalopnik]

  Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...