Minggu, 03 April 2016

[Dunia] Singapura Mendongkrak Anggaran Militernya

Departemen Keuangan Singapura menerbitkan rilis daftar anggaran pertahanan negara untuk tahun fiskal 2016-2017 (yang dimulai pada tanggal 1 April) yang berjumlah SG$ 13.97 milyar (US$ 10.2 Miliar).

Dengan demikian, anggaran pertahanan Singapura akan meningkat 6,4% dibandingkan dengan anggaran untuk tahun fiskal 2015-2016, ini merupakan kenaikan terbesar dalam belanja pertahanan sejak tahun 2011. Rata-rata dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan anggaran pertahanan Singapura adalah sekitar 3,5% per tahun.

Selain itu, menurut “Jane difenz Industry”, dalam dua tahun berturut-turut, porsi belanja pertahanan Singapura berjumlah 3,4% dari PDB. Sebelumnya pada periode 2009-2010 hingga 2014-2015 porsi PDB belanja pertahanan Singapura mengalami penurunan secara bertahap.

Anggaran pertahanan Singapura akan menjadi sekitar 19% dari belanja publik negara itu. Pertumbuhan anggaran pertahanan hingga ke level 3,4% dari PDB sesuai dengan strategi jangka panjang Singapura yang akan melakukan peningkatan bertahap pada anggaran pertahanannya.

Anggaran pertahanan Singapura meningkat setiap tahun sejak tahun 2006, yang berkisar SG$ 9.63 milyar. Walau dengan PDB melebihi rata-rata pengeluaran Negara-negara lain di dunia yang sebesar 2%, sebenarnya pengeluaran ini masih tetap jauh di bawah batas resmi dari pemerintah Singapura yang sebenarnya mematok 6% dari PDB.

Diperkirakan di wilayah Asia-Pasifik, kenaikan anggaran pertahanan adalah rata-rata 4-6% dari pengeluaran pertahun. Setelah terjadi krisis keuangan global selama periode 2009-2014 pertumbuhannya melambat (2,5%), tapi sekarang situasi sudah berubah dan terus mengalami peningkatan pertumbuhan.

Pertumbuhan anggaran pertahanan juga memberikan kesempatan Singapura membiayai pembelian persenjataan modern untuk Angkatan Bersenjatanya. Di antara pembelian yang direncanakan adalah penggantian helikopter serbaguna AS-332M Super Puma yang sudah tua, kendaraan lapis baja V-200, juga, pesawat transport Fokker 50, pesawat transport C-130 BTA Hercules dan pesawat patroli maritim. Selain itu kemungkinan pembelian pesawat siluman F-35 “Lightning 2”.

Singapura saat ini sedang dalam tahap akuisis kapal selam canggih Type-218SG dari Jerman, serta kapal patroli pesisir LMV (Littoral Mission Vessel) produksi perusahaan nasional ST Marin, Pesawat tanker dan angkut mltiperan A-330 MRTT dan modernisasi pesawat tempur F- 16C/D Blok 52. (Armstrade)
 

  jakarta greater  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...