Selasa, 05 April 2016

[Dunia] Tersangka Pembunuh Pilot Su-24 Rusia Ditangkap

Ditahan di Turkihttps://img.okezone.com/content/2016/03/31/18/1350816/tersangka-pembunuh-pilot-su-24-rusia-ditahan-di-turki-dHojfas73R.jpgTersangka pembunuh pilot Rusia, Alparslan Chelik ditangkap di Izmir dan telah ditahan di Turki. (Independent)

Pria yang diduga bertanggung jawab atas kematian pilot pesawat tempur Su-24 Rusia yang ditembak jatuh di Suriah telah ditahan di Turki. Menurut surat kabar Hurriyet, pria yang diidentifikasi bernama Alparslan Chelik ditahan oleh pihak berwenang di wilayah Izmir.

Media Rusia Sputnik melaporkan pada Jumat (1/4/2016) bahwa Chelik yang ikut bertempur melawan pasukan pemerintah di Suriah diyakini bertanggung jawab atas kematian pilot Rusia Oleg Peshkov pada 24 November 2015 lalu. Peshkov yang berpangkat letnan kolonel itu ditembak dari darat saat melontarkan diri dari pesawatnya yang ditembak jatuh di perbatasan Suriah-Turki.

Pada Januari 2016 lalu, Chelik sempat terlihat di Ankara saat menghadiri pemakaman Ibrahim Kucuk, rekannya yang diduga tewas akibat serangan udara Suriah. Dia diyakini kembali ke Suriah beberapa hari setelahnya untuk kembali mengangkat senjata.

Insiden penembakan pesawat Su-24 Rusia oleh jet tempur Turki membuat hubungan kedua negara sampai saat ini masih memanas. Rusia menuntut Turki untuk meminta maaf dan menghukum semua pihak yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Namun, Turki berkeras bahwa Rusia telah melanggar wilayah udaranya dan menolak meminta maaf secara resmi. (dka)

 ♖ okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...