Senin, 04 April 2016

[Dunia] Vietnam Sita Kapal Asal China

Merupakan Kapal Suplai BBM Kapal Nelayan ChinaKapal Coast Guard Vietnam (Talk Vietnam)

Pihak otoritas Vietnam dilaporkan menyita kapal asal China yang masuk ke wilayah Teluk Tonkin. Pihak keamanan Vietnam mengklaim tindakan tersebut dilakukan karena kapal itu masuk ke wilayah kedaulatan mereka tanpa izin.

Sebagaimana dilansir dari NHK, Minggu (3/4/2016) pihak keamanan Vietnam menemukan kapal tersebut di Teluk Tonkin pada Kamis 31 Maret 2016. Dilaporkan, semenjak penemuan tersebut, tiga kru dalam kapal itu diamankan dan dibawa ke Kota Hai Phong.

Dilaporkan, sang kapten kapal asal China tersebut mengakui telah memasuki wilayah perairan Vietnam tanpa izin.

Sebagaimana yang diwartakan media setempat, kapal China tersebut ketika ditangkap sedang membawa kargo yang berisi lebih dari 100.000 liter bahan bakar.

Sang kapten juga mengatakan bahwa kapal itu sebenarnya bertugas untuk mengisi ulang bahan bakar kapal nelayan China yang beroperasi di wilayah perairan Vietnam.

Faktanya memang China dan Vietnam kerap bersitegang akibat permasalahan perairan sengketa di Laut China Selatan. Selain itu seperti di Indonesia, otoritas Vietnam juga sering mengejar kapal nelayan China yang melakukan illegal fishing di wilayah kedaulatan Vietnam. (emj)
 

  Okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...